Kemarin, belajar di sekolah di zona hijau hingga pesawat tempur jatuh

id Humniora kemarin,sekolah di zona hijau

Pesawat TNI AU jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020) pagi. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin (15/6) masih menarik untuk dibaca pagi ini diantaranya belajar tatap muka untuk tahun ajaran baru 2020/2021 di sekolah di zona hijau yang tidak ada kasus COVID-19, pendidikan tinggi tetap melakukan pembelajaran dalam jaringan di masa normal baru, pesawat tempur TNI AU jatuh di Riau

Adapun beritanya sebagai berikut:

Mendikbud: Sekolah di zona hijau dibuka dengan sejumlah persyaratan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan sekolah yang berada di zona hijau boleh dibuka dengan sejumlah persyaratan.

"Prinsip kebijakan pendidikan pada masa pandemi COVID -19 adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran," ujar Nadiem dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Senin.

Nadiem menjelaskan untuk tahun ajaran baru 2020/2021 tetap dimulai pada Juli 2020. Untuk pembelajaran, bagi daerah yang berada di zona kuning, oranye dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Hal itu berdasarkan surat keputusan bersama sejumlah kementerian.

Baca berita: di sini

Mendikbud: Pendidikan tinggi tetap lakukan pembelajaran via daring

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan jenjang pendidikan tinggi masih tetap menyelenggarakan pembelajaran via daring pada tahun ajaran 2020/2021 di semua zona.

"Untuk jenjang pendidikan tinggi pada tahun ajaran 2020/2021, tetap dimulai pada Agustus 2020," ujar Nadiem dalam telekonferensi di Jakarta, Senin.

Cek berita: di sini

Kemenkes siapkan fasilitas layanan kesehatan di sekitar sekolah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan akan menyiapkan fasilitas layanan kesehatan, baik di Puskesmas maupun sarana kesehatan di sekitar sekolah menjelang dimulainya tahun ajaran 2020/2021 pada Juli 2020.

"Penyediaan sarana kesehatan tersebut, untuk memberikan pendampingan, promotif, preventif dan konsultasi untuk memonitor kegiatan sekolah," kata Menteri Kesehatan (Menkes) dr. Terawan Agus Putranto dalam Pengumuman Keputusan Bersama yang disampaikan melalui webinar di Jakarta, Senin.

Simak berita: di sini

Pesawat TNI AU jatuh di kawasan permukiman penduduk di Riau

Sebuah pesawat TNI AU dikabarkan jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin pagi.

“Iya ada pesawat jatuh jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya. Kejadian sekira pukul 08.30 WIB,” kata salah seorang warga Desa Kubang Jaya, Wahyu, ketika dihubungi ANTARA.

Simak berita: di sini

Gugas COVID-19: Jam kerja perlu diatur untuk adaptasi kebiasaan baru

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan jam kerja karyawan di instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan diatur pada masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif yang aman dari COVID-19.

"Pengaturan jam kerja karyawan akan dibuat bergilir atau dua shift dengan jeda minimal tiga jam," kata Reisa dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang diikuti melalui akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Senin.

Baca berita: di sini


Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar