Kabupaten OKI Sumsel pertahankan opini WTP sembilan kali berturutan

id WTP,wajar tanpa pengecualian,badan pemeriksa keuangan,bpk sumsel,perwakilan bpk sumsel,pemkab oki,ogan komering ilir

Kabupaten OKI Sumsel pertahankan opini WTP sembilan kali berturutan

Bupati OKI Iskandar (paling kanan) dalam acara penyerahan dan penandatanganan berita acara serah terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2019 Kabupaten OKI, di Kantor BPK Perwakilan Sumsel, Palembang, Rabu (17/6/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkab OKI/20)

Kayuagung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak sembilan kali berturut-turut, setelah Hasil Pemeriksaan dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 diterima oleh Badan Pemeriksa Keuangan pada tahun ini.

Kepala Perwakilan BPK Sumatera Selatan Hary Purwaka, di Kayuagung, Rabu, mengatakan opini WTP merupakan penilaian pemeriksa atas kesesuaian penyusunan laporan keuangan daerah yang dianggap sudah memenuhi kriteria standar akuntansi keuangan pemerintah.

"Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten OKI yang telah menerima WTP, ini untuk kesembilan kalinya," kata Hary dalam acara penyerahan dan penandatanganan berita acara serah terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2019 Kabupaten OKI, di Kantor BPK Perwakilan Sumsel, Palembang.

Hary Purwaka berharap daerah yang menerima WTP ini mampu mempertahankan predikat tertinggi dalam standar pemeriksaan keuangan itu.

Menurutnya, ini juga momentum untuk mendorong akuntabilitas, dan transparansi kualitas pengelolaan keuangan negara.

"WTP memang bukan sebuah jaminan, namun jadi momentum untuk mendorong akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah,” kata dia.

Bupati OKI Iskandar bersyukur atas WTP ke-9 yang diraih daerahnya.

Menurutnya, capaian ini berawal dari proses panjang mulai dari musrenbangdes hingga ditetapkan APBD bersama DPRD.

"Saya yakin dan percaya setiap penetapan WTP itu sebuah proses yang panjang, mulai dari perencanaan hingga laporan pertanggungjawaban kepada DPRD dan audit oleh BPK,” kata dia lagi.

Mempertahankan opini WTP 9 kali berturut-turut, tentunya tidak semudah saat pertama kali mendapatkan. Karena itu, kata dia lagi, jajaran Pemkab OKI diharapkan terus melakukan perbaikan dalam pelaksanaan dan penyajian laporan keuangan daerah agar dapat dihitung dan dipertanggungjawabkan.

"Akuntabilitas dan kesinambungan dalam pengelolaan keuangan daerah kita butuhkan karena pembangunan tidak boleh berhenti," kata dia lagi.

Ketua DPRD Kabupaten OKI Abdiyanto Fikri mengapresiasi capaian Kabupaten OKI yang mampu mempertahankan WTP sembilan kali berturut-turut.

Menurut Abdiyanto, kinerja Pemkab OKI memuaskan dalam pencapaian visi misi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Inilah wujud kerja sama antara legislatif dan eksekutif. Saya sebagai Ketua DPRD Kabupaten OKI berharap mudah-mudahan raihan ini bisa dipertahankan," kata dia.

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar