Dua pasien positif COVID-19 di Hulu Sungai Selatan sembuh

id hss pasien covid sembuh,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid,sembuh

Dua pasien positif COVID-19 di Hulu Sungai Selatan sembuh

Bupati HSS H Achmad Fikry melepas kepulangan pasien sembuh COVID-19 (Antara/Fathur/Ist)

Hulu Sungai Selatan (ANTARA) - Dua pasien positif terpapar COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan sembuh dan diizinkan pulang ke rumahnya masing-masing, setelah menjalani perawatan.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry,Kamis mengatakan dua pasien positif yang telah sembuh dan dari hasil tes swab telah dinyatakan negatif.

"Satu pasien dari warga Desa Bago Tanggul, Kecamatan Kalumpang, dan satunya warga Desa Baruh Kambang, Kecamatan Daha Utara yang dirawat di RSUD Daha Sejahtera," katanya.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 NTB tembus 695 orang

Bupati bersyukur atas kesembuhan pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif ini, dan berterimakasih atas kerja keras dari tim medis yang telah merawat dengan seksama semua pasien yang ada.

Rasa syukur ini juga karena para pasien yang sembuh akan dapat berkumpul kembali dengan keluarga, pihaknya juga terus mengingatkan, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, mencegah dengan menaati protokol kesehatan.

Ia berpesan untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan jaga jarak, dan diharapkan dengan adanya kesembuhan ini akan terus bertambah pasien sembuh lainnya.

"Pemakaian masker sudah kita bahas dengan Forkopimda beberapa waktu lalu, tentu apabila maskernya sudah ada, imbauan tetap tidak ditaati tentu ke depan akan ada sanksi, sanksi karena perbuatan yang bisa merugikan orang lain, seperti penularan virus," katanya.

Baca juga: Tiga warga Bangka Selatan sembuh dari COVID-19

Dan sebelum sanksi tersebut ada tentunya akan lebih dahulu terus melaksanakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terhadap masyarakat, akan pentingnya penggunaan masker di tengah terjadinya pandemi ini.

Kepada pasien yang sembuh, ia juga mengingatkan agar setelah pulang ke rumah diusahakan jangan kemana-mana dulu dan khusus istirahat, tidak usah menerima tamu atau orang banyak, kalau tidak penting dan tidak mendesak lebih baik tetap di rumah.

Pasien sembuh juga dapat menginformasikan kepada masyarakat, khususnya lingkungan sekitar dalam upaya pencegahan penularan virus karena selama perawatan tentu pasien telah mendapat pengalaman terkait masalah tersebut, dan bisa disampaikan sebagai bahan edukasi untuk warga.

Dua pasien sembuh dan dipulangkan, yakni pasien dengan Kode HBS-44 atas nama Jurmiah (70) warga Bago Tanggul, Kecamatan Kalumpang, dan pasien HBS-45 atas nama Jamilah (71) warga Desa Baruh Kambang, Kecamatan Daha Utara.

Keduanya sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif dari hasil swab, dan telah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Kandangan selama kurang lebih 21 hari.

Dan untuk pasien Jamilah dipindah tempat perawatan ke RSUD Daha Sejahtera, karena terjadinya over kapasitas atau kelebihan pasien di RSUD Kandangan, namun tinggal menunggu hasil swab-nya saja dan sudah dinyatakan negatif maka bisa dipulangkan. ***3***

Baca juga: Semua pasien positif COVID-19 di RSUD Kota Probolinggo sembuh
Baca juga: Bupati Gianyar bantu sembako kepada seniman
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 555 jadi 16.798 orang

Pewarta : Imam Hanafi/faturrahman
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar