Mahfud MD sebut Indonesia siapkan langkah cegah kebakaran hutan

id Menkopolhukam,karhutla,covid-19,mahfud md

Ilustrasi pemadaman hutan dan lahan pada tahap awal. ANTARA/Daniel Leonard

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud M,  menyebut dalam beberapa tahun terakhir Indonesia telah berhasil meminimalkan kebakaran hutan sehingga bencana-bencana yang relatif besar dapat dikatakan tidak terjadi lagi.

Pemerintah, kata dia, juga telah menyiapkan sejumlah langkah terpadu untuk mencegah berbagai hal terkait kebakaran hutan dan lahan ini. 

Baca juga: Penegakan hukum belum bisa beri efek jera kasus karhutla

Mahfud, setelah rapat terbatas bertopik Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, mengatakan, pemerintah telah menyiapkan langkah baik untuk memitigasi, mencegah, menyelesaikan, dan melakukan tindak lanjut.

“Tadi kita rapat bagaimana menghadapi 2020, karena bukan hanya menyelesaikan kebakaran hutan dan lahan tapi juga Covid-19. Sehingga, kita menyiapkan langkah-langkah bersama menghadapi musim kemarau,” kata Mahfud.

Baca juga: Laode Syarif: Perlu penguatan eksekusi putusan terkait karhutla

“Beberapa tahun terakhir, alhamdulillah kita berhasil meminimalisir kebakaran hutan sehingga bencana-bencana yang agak besar dan membikin geger itu sudah dapat dikatakan tidak lagi terjadi,” kata dia.

Langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bersifat lintas sektor dan terpadu sehingga kehadiran dia yang juga membidangi masalah hukum dan keamanan diperlukan dalam rapat terbatas itu. Pada kedua tahap itu, pencegahan dan penanggulangan, diperlukan upaya penegakan hukum yang baik. 

Baca juga: WALHI: Pemerintah perlu tegas untuk beri efek jera ke pelaku karhutla

Ia mengatakan, Jokowi menggelar rapat kabinet terbatas khusus menanggapi penanganan kebakaran hutan dan lahan yang biasa ditangani setiap tahun karena Indonesia mempunyai hutan yang begitu luas dan banyak.

Oleh karena itu, kebakaran hutan biasanya tak terelakkan dan terjadi setiap tahun sehingga kepala pemerintahan mengumpulkan para menteri terkait termasuk Menteri LHK, Siti Nurbaya, dan Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Munardo.

Baca juga: Kepala BNPB minta Polri lebih berani tindak pembakaran hutan

Namun tahun ini Mahfud menegaskan sejumlah langkah telah disiapkan secara baik. ”Protes-protes dari aktivis lingkungan hidup maupun dari negara-negara lain dalam 4-5 tahun terakhir ini sudah tidak begitu gencar karena kita telah menyiapkan semua langkah,” katanya.

Baca juga: Polda Sumsel turunkan tim tegakkan hukum karhutla

Pewarta : Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar