Kami pasang teknologi ini untuk membatasi ruang gerak kendaraan over dimension overload yang melintas Jalan Tol Trans Sumatera.
Bandarlampung (ANTARA) -
Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) PT Hutama Karya memasang peralatan teknologi "weight in motion/WIM" untuk membatasi ruang gerak kendaraan "over dimension overload/ODOL" yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera.

"Kami pasang teknologi ini untuk membatasi ruang gerak kendaraan over dimension overload yang melintas Jalan Tol Trans Sumatera," kata EDV Divisi OPJT PT Hutama Karya (Persero) J Aries Dewantoro,melalui keterangan yang diterima di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, terdapat tiga hal penting yang menjadi fokus utama pemerintah dan para stakeholder yang berkomitmen menuju zero ODOL tahun 2023, yaitu pertama adalah perlindungan bagi masyarakat dengan menghasilkan kondisi jalan dan berkendara yang berkeselamatan.

Baca juga: Hutama Karya: PMN Rp7,5 triliun akan digunakan sesuai Perpres

Kedua adalah peningkatan daya saing logistik yang lebih baik, dan ketiga ialah investasi yang akan tumbuh lebih baik.

"Selain itu, peningkatan daya saing logistik dapat tumbuh lebih baik, bukan tidak hanya domestik tapi juga tumbuh secara global,"katanya.

Menurut dia, praktik ODOL sangat merugikan operator jalan tol, meningkatkan risiko kecelakaan dan inefisiensi akibat kondisi jalan rusak yang ditimbulkan.

Baca juga: BPJT berharap inovasi teknologi tertibkan kendaraan bermuatan lebih

Aries menjelaskan, kerusakan jalan akibat ODOL juga memicu peningkatan anggaran untuk pemeliharaan jalan nasional, jalan tol, dan jalan provinsi setiap tahun.

Saat ini di pintu masuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yaitu di Gerbang Tol Bakauheni Selatan telah terpasang teknologi WIM. Teknologi ini akan membatasi ruang gerak terhadap kendaraan ODOL yang mengancam keselamatan berlalu lintas di jalan tol.

"Semoga dengan di pasang teknologi WIM ini bisa mengurangi kendaraan yang melebihi kapasitas, dan bisa mengurangi kerusakan serta angka kecelakaan di jalan tol akibat kendaraan melebihi kapasitas yang melintas," katanya.
 

Pewarta: Hisar Sitanggang/Emir Fajar Saputra 
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020