Sekali lagi, warga Aceh menunjukkan sikap kemanusiaan, kualitas pemimpin, murah hati, dan aksi solidaritas kepada mereka yang terpaksa melarikan diri dari rumahnya demi menghindari persekusi
Jakarta (ANTARA) - AICHR mendorong Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) segera membentuk badan perlindungan khusus pengungsi di kawasan, mengingat beberapa negara di Asia Tenggara kerap jadi tujuan para pengungsi, salah satunya dari etnis Rohingya, yang ingin menyelamatkan diri dari persekusi di negara asalnya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Indonesia untuk Komisi HAM antar Pemerintah ASEAN (AICHR), Yuyun Wahyuningrum, lewat pernyataan tertulis, Kamis (25/6), sebagaimana diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Yuyun, ASEAN juga perlu segera membuat protokol atau cara yang dapat diterapkan bersama untuk memastikan keselamatan dan keamanan para pengungsi. Ia mengatakan Pemerintah Indonesia dapat memimpin pembahasan mengenai pembentukan protokol dan badan perlindungan itu pada temu puncak negara-negara ASEAN.

10 negara ASEAN rencananya akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) ke-36 secara virtual pada hari ini (26/6).

Desakan AICHR terkait pengungsi salah satunya dilatari penolakan beberapa negara ASEAN terhadap para pengungsi Rohingya yang terombang-ambing di lautan.

Meskipun negara lain menolak, pemerintah dan masyarakat Indonesia memilih membuka pintu untuk pengungsi Rohingya mengingat mereka telah melalui perjalanan berbahaya di lautan demi mencari tempat berlabuh.

Baca juga: Menlu Retno sebut repatriasi pengungsi Rohingya harus diprioritaskan

Belum lama ini, 94 pengungsi Rohingya diselamatkan oleh warga Lancuk, Aceh Utara, Provinsi Aceh, dan mereka dievakuasi ke daratan setelah terombang-ambing di perairan dekat pantai sejak Rabu (24/6).

Menurut Yuyun, aksi kemanusiaan itu bukan pertama kalinya dilakukan warga Aceh, karena pada 2015 masyarakat setempat juga menerima pengungsi Rohingya setelah mereka ditolak berlabuh di Malaysia dan Thailand.

"Sekali lagi, warga Aceh menunjukkan sikap kemanusiaan, kualitas pemimpin, murah hati, dan aksi solidaritas kepada mereka yang terpaksa melarikan diri dari rumahnya demi menghindari persekusi," ujar Yuyun.

Tidak hanya itu, ia juga menyambut baik pernyataan sikap Pemerintah Indonesia yang berkomitmen melindungi para pengungsi. "Saya mengapresiasi pernyataan Menteri Luar Negeri Indonesia (Retno Marsudi, red) yang menyebut Indonesia berkomitmen memberi bantuan dan menempuh berbagai cara guna mencegah pengungsi Rohingya menempuh perjalanan berbahaya di lautan," kata Yuyun.

Dalam kesempatan itu, Yuyun mengingatkan Pemerintah Indonesia perlu menyediakan kebutuhan dasar bagi pengungsi, di antaranya rumah singgah dengan sarana sanitasi, makanan, dan jaminan keamanan serta keselamatan. Tidak hanya itu, Pemerintah Indonesia perlu memastikan para pengungsi mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

"Meskipun Indonesia belum menjadi anggota Konvensi Pengungsi 1951, tetapi Indonesia telah meratifikasi Kovenan Hak Sipil dan Politik, yang pada pasal 13 disebutkan secara implisit larangan pengusiran kolektif. Tidak hanya itu, hak untuk para pencari suaka juga dilindungi dalam Deklarasi HAM ASEAN," terang Yuyun.

Baca juga: AICHR serukan perlindungan bagi pengungsi di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: ASEAN diminta lakukan operasi penyelamatan warga Rohingya di laut
Baca juga: AICHR sebut kematian ABK bukti pelanggaran sistemik sektor maritim

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2020