Maka dari itulah sebagai bagian dari pemerintah Indonesia saya berpikir bahwa pemulihan ekonomi nasional memang harus berjalan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakini pemulihan ekonomi dan penyelamatan masyarakat bisa dilakukan beriringan di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Pasalnya, menurut dia, memulihkan ekonomi sama dengan memulihkan harapan hidup masyarakat di tengah pandemi yang masih dihadapi saat ini.

"Maka dari itulah sebagai bagian dari pemerintah Indonesia saya berpikir bahwa pemulihan ekonomi nasional memang harus berjalan," kata Luhut dalam unggahan di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Jumat.

Ia mengatakan salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yakni revitalisasi sektor pariwisata yang menyumbang pemasukan devisa cukup besar bagi negara serta membuka banyak lapangan kerja bagi warga masyarakat.

Baca juga: Kemenko: Wisata alam diperkirakan segera "booming" pasca-Corona

"Saya sampaikan keinginan saya kepada kementerian dan lembaga terkait untuk lebih fokus dalam memperbaiki dan merevitalisasi lima destinasi wisata super prioritas yang menjadi spot turis, yaitu Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba, Likupang, dan Mandalika," kata Luhut Pandjaitan.

Ia mengaku memfasilitasi aspirasi desa-desa terkait pengembangan wisata di sekitarnya. Pendekatan itu dilakukan untuk mendistribusikan manfaat ekonomi di wilayah yang lebih luas, memperluas aksesibilitas ke destinasi pariwisata utama, hingga meningkatkan jangkauan penawaran produk pariwisata dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Karena seperti yang kita tahu, pariwisata adalah sektor yang sangat bergantung pada kepercayaan wisatawan domestik maupun internasional dalam memberikan rasa aman, sehat dan nyaman. Oleh karena itu, protokol kesehatan harus dilaksanakan secara sempurna agar kepercayaan dari para wisatawan bisa tumbuh lagi meskipun target pasar kita saat ini masih kepada wisatawan domestik saja mengingat pandemi masih menjadi tantangan bagi beberapa negara di dunia," kata Luhut Pandjaitan.

Baca juga: Menperin: Industri manufaktur jadi andalan pemulihan ekonomi nasional



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020