ibu hamil selama dia imunitasnya baik tidak apa-apa
Surabaya (ANTARA) - Sedikitnya lima rumah sakit rujukan di Kota Surabaya, Jawa Timur, ditunjuk untuk memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan kepada para ibu hamil selama pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita, di Surabaya, Sabtu, mengatakan untuk menghindari terjadinya kematian pada ibu hamil, beberapa rumah sakit rujukan di Surabaya siap memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan kepada mereka.

"Insya Allah pelayanan kesehatan kepada ibu hamil tidak terganggu. Semua mudah-mudahan bisa aman," kata Feny sapaan lekat Febria Rachmanita.

Adapun lima rumah sakit rujukan tersebut yakni RSIA Putri, RSIA Kendangsari, RS Al-Irsyad, RSUD dr. M. Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH). Kelima RS itu juga dilengkapi dengan NICU (Neonatal Intensive Care Unit) atau Unit Perawatan Intensif Bayi Baru Lahir.

Baca juga: Dokter : ibu hamil cenderung lebih aman dari COVID-19

Baca juga: Pasar Jaya sarankan ibu hamil manfaatkan layanan daring cegah COVID-19


"RSUD dr. Soewandhie dalam menangani ini akan menambah beberapa bed (tempat tidur) untuk ibu hamil dan untuk NICU-nya," kata Feny yang juga menjabat Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya ini.

Fenny mengatakan dari data Dinas Kesehatan Kota Surabaya hingga Senin (22/6) setidaknya ada sekitar 20 ibu hamil yang terpapar COVID-19.

Menurutnya, meski orang dengan penyakit penyerta lebih rentan terpapar COVID-19, namun ia mengimbau kepada ibu hamil agar tetap menjaga imun tubuhnya.

"Kalau ibu hamil selama dia imunitasnya baik tidak apa-apa, yang rentan itu kalau yang dia memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan asma," ujarnya.

Baca juga: RSKD Pertiwi jadi RS khusus ibu hamil positif COVID-19 di Sulsel

Baca juga: KASAD: RSPAD sediakan ruang khusus ibu hamil positif COVID

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020