saat ini menjadi salah satu daerah zona hijau di 10 kabupaten/kota di Provinsi Malu
Ternate (ANTARA) - Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan akan memantau model pencegahan COVID-19 di Pulau Taliabu, Maluku Utara yang hingga kini masih berstatus zona hijau, kata
Sekretaris Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Tomo Teapon.

"Pulau Taliabu saat ini menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian khusus oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kemenkes, karena saat ini menjadi salah satu daerah zona hijau di 10 kabupaten/kota di Provinsi Malut, karena belum memiliki pasien positif COVID-19," kata Tomo Teapon melalui siaran pers yang diterima ANTARA, Senin.

Ia mengatakan, Taliabu merupakan daerah yang  memiliki banyak pintu masuk melalui akses laut terutama dari wilayah zona merah, seperti Sulawesi, namun sampai sejauh ini Pulau Taliabu masih tetap menjadi zona hijau.

Tomo mengatakan pihaknya siap menerima kunjungan Tim medis dari Provinsi Malut yang akan memlihat model penanganan yang sudah dilaksanakan selama ini dan dilaporkan ke Gustu Provinsi Malut.

Gustu Pulau Taliabu juga selalu berkoordinasi dengan Tim Gustu dari Provinsi Malut dan melaporkan perkembangan data COVID-19 di wilayah tersebut ke Gustu Provinsi Malut.

Baca juga: Pesawat Hercules angkut bantuan alkes dan APD untuk Maluku Utara

Baca juga: OTG istri-anak pasien positif COVID-19 dievakuasi ke RSUD Ternate


Tomo yang juga selaku Kepala BPBD Pultab mengatakan Tim Gustu Pultab juga sudah melakukan tes massal dan telah selesai pelatihan pengambilan swab maka dalam waktu dekat melakukan pengambilan swab untuk warga.

"Tim Gugus Taliabu juga sangat berterim kasih kasih kepada WHO dan Kemenkes dan Dinkes Provinsi Malut yang sudah memantau langsung Tim Gustu Taliabu  dan kami sudah bekerja semaksimal mungkin untuk menangani COVID-19 di Pulau Taliabu, hingga dikategorikan sebagai zona hijau," katanya.

Dia berharap, kedatangan Tim medis dari Provinsi bisa mendapatkan hasil yang memuaskan bahwa Tim Gustu Taliabu benar-benar berusaha dalam pencegahan COVID-19, sehingga sampai saat ini Taliabu belum ada yang terpapar.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Pulau Taliabu (Pultab), agar selalu menjaga jarak, menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan, jika keluar rumah harus menggunakan masker, intinya  masyarakat harus mempertahankan Pulau Taliabu selalu menjadi zona hijau di Provinsi Malut.

Baca juga: Bertambah 40 orang, positif COVID-19 di Maluku Utara naik 383 kasus

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020