Saya juga berharap pihak industri bisa menjaga kerja sama ini dengan petani tembakau sebaik-baiknya. Pandemi COVID-19 jangan menjadi alasan, jangan menjadi halangan bagi kedua pihak untuk tidak bekerja sama dengan baik
Temangging (ANTARA) - Industri rokok diminta tetap membeli tembakau petani Temanggung pada masa panen 2020 di tengah pandemi COVID-19 ini kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

Khadiq di Temanggung, Selasa, berharap pabrik-pabrik rokok tidak menjadikan masalah COVID-19 ini sebagai alasan untuk tidak membeli tembakau petani Temanggung atau untuk menekan harga pembelian tembakau.

Ia mengatakan petani Temanggung ingin bekerja sama dengan pihak industri secara baik, karena kerja sama antara petani Temanggung dengan industri rokok itu sudah berlangsung puluhan tahun.

"Saya juga berharap pihak industri bisa menjaga kerja sama ini dengan petani tembakau sebaik-baiknya. Pandemi COVID-19 jangan menjadi alasan, jangan menjadi halangan bagi kedua pihak untuk tidak bekerja sama dengan baik," katanya.

Ia menyampaikan baik petani maupun industri harus bisa menjalin kerja sama yang saling menguntungkan sehingga petani senang industri juga senang dan pemerintah pasti ikut senang.

"Di masa pandemi ini kita harus bisa menjaga hubungan baik ini, sekarang tinggal mengatur saja bagaimana caranya kerja sama antara petani dan industri ini bisa berlangsung dengan baik tetapi tetap aman dari protokol COVID-19," katanya.

Baca juga: Lahan tembakau di Temanggung turun 2.000 hektare, ini penyebabnya

Baca juga: Temanggung kembangkan tembakau lokal tahan iklim ekstrem


Ia mengatakan para petani sekarang sedang bersiap-siap untuk memanen tembakau dan pihaknya juga sudah minta kalangan industri untuk juga menyiapkan protokol kesehatan di gudang pembelian tembakau.

"Kemarin saya sudah berkirim surat kepada para grader, perwakilan industri rokok atau gudang-gudang tembakau untuk mulai menata sistem perdagangan tembakaunya sesuai denga protokol COVID-19, seingga kalau sekarang ini kita bisa menata lebih baik, maka besok pada panen raya tembakau bisa berlangsung tanpa ada rasa kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona," katanya.

Ia berharap panen raya tembakau tahun ini bisa berjalan secara normal dan tembakau Temanggung bisa laku mahal.

"Pihak industri kami minta lebih mengutamakan tembakau Temanggung dan petani juga menjaga kualitas tembakau Temanggung, jangan dicampur dengan tembakau dari luar daerah, karena tembakau Temanggung itu paling tinggi kadar nikotinnya, kualitasnya paling bagus," katanya.

Ia mengatakan respons pabrikan semua juga menyatakan untuk terus membeli tembakau Temanggung dan mereka juga sedang menyiapkan protokol pembeliannya yang aman dari penyebaran COVID-19, mungkin nanti ditata antreannya, jaga jarak, dan sebagainya.


Baca juga: Permintaan tembakau Temanggung dari perusahaan rokok besar turun

Baca juga: Bupati Temanggung sebut dunia pertembakauan tidak ada kepastian

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020