Menperin kampanye #SemuanyaAdaDisini, ajak belanja produk IKM nasional

id menperin,produk ikm,#semuanyaadadisini,#banggabuatanindonesia

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. ANTARA/HO Kemenperin/am. (ANTARA/HO Kemenperin)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan kampanye #SemuanyaAdaDisini guna mengajak masyarakat Indonesia untuk berbelanja produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) nasional, sebagai bagian dari gerakan #BanggaBuatanIndonesia, yang merupakan gerakan gotong royong oleh pemerintah, masyarakat, serta pelaku usaha dengan belanja produk buatan Indonesia.

“Tujuan dari kampanye yang akan berlangsung pada 1-15 Juli 2020 ini adalah bersama-sama dengan kementerian/lembaga yang lain untuk mencapai target 2 juta UMKM melakukan penjualan online,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melalui konferensi pers secara virtual, Rabu.

Selain itu untuk menyampaikan pesan bahwa industri Indonesia mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk yang berkualitas, sekaligus ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk membeli produk industri Indonesia, utamanya produk IKM. Terakhir yakni mendorong IKM untuk memperluas akses pemasaran melalui media daring.

Menperin memaparkan pandemi COVID-19 berpengaruh tidak hanya kepada aspek kesehatan masyarakat namun juga berdampak terhadap industri Indonesia. Sebanyak 60 persen sektor industri bisa dikategorikan terdampak berat (hard hit), sedangkan 40 persen berdampak moderat atau permintaan tinggi.

Baca juga: Presiden resmikan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia

Baca juga: Kampanye #BanggaBuatanIndonesia dorong naiknya permintaan produk lokal

Pada masa pandemi maupun era normal baru, industri dituntut untuk cepat berinovasi memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Masa yang penuh tantangan ini tidak hanya dialami oleh industri besar namun juga IKM  yang jumlahnya berdasarkan data BPS 2018 sebanyak 4,2 juta IKM atau 99 persen dari jumlah industri di Indonesia, dan menyerap 9,43 juta orang,” ungkap Menperin.

Oleh karena itu, tambah Menperin, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan saat peluncuran #BanggaBuatanIndonesia pada tanggal 14 Mei 2020 bahwa Industri dalam negeri mampu bersaing dengan produk impor. Namun demikian perlu dukungan dari masyarakat melalui konsumsi produk dalam negeri agar Industri dalam negeri dapat terus berproduksi.

Data Statistik e-Commerce 2019 yang dipublikasikan oleh BPS menunjukkan bahwa sepanjang 2018 sektor industri menghasilkan nilai transaksi sebesar 3,39 triliun, menjadi sektor usaha kedua terbesar penyumbang transaksi e-commerce.

“Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat terhadap produk-produk industri di e-commerce,” tukas Menperin.

Selain Menperin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, juga menghadiri acara peluncuran tersebut.

Baca juga: #SemuanyaAdaDisini, kampanye Kemenperin ajak IKM masuk pasar daring


Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar