Unsoed laksanakan UTBK dengan protokol kesehatan cegah COVID-19

id utbk

Sejumlah siswa sedang mengikuti UTBK di Universitas Jenderal Soedirman. ANTARA/HO-Humas Unsoed/am.

Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah COVID-19.

"Protokol kesehatan secara ketat diterapkan guna mencegah COVID-19 serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pihak terkait," kata Kabag Kerja Sama dan Humas Unsoed Betha Swandani di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Dia juga menginformasikan bahwa sebelum memulai ujian para peserta telah diminta mencetak ulang kartu peserta yang juga berisi rincian perlengkapan dan aktivitas yang dilakukan sampai pelaksanaan ujian selesai.

Baca juga: Peserta UTBK yang suhunya di atas 37,5 derajat tidak boleh ikut ujian

"Peserta ujian juga diminta mengenakan masker, mengenakan sarung tangan, baju lengan panjang dan dianjurkan untuk mengenakan pelindung wajah," katanya.

Dia menambahkan dalam mengikuti UTBK para peserta juga diharuskan untuk mengikuti prosedur pencegahan COVID-19.

"Pihak pengantar peserta hanya diijinkan masuk hingga batas pengantaran yang telah ditetapkan lalu peserta akan diarahkan untuk diukur suhu, cuci tangan dan mengisi form riwayat perjalanan yang telah disiapkan oleh panitia," katanya.

Peserta UTBK yang berasal dari luar Provinsi Jawa Tengah atau dari kabupaten/kota di Jawa Tengah yang berstatus zona merah maka wajib membawa surat keterangan hasil tes cepat COVID-19 yang masih berlaku.

Baca juga: Pelaksanaan UTBK UI terapkan protokol kesehatan yang ketat

Dia menjelaskan bahwa Unsoed menjadi lokasi tes bagi 16.666 peserta ujian yang dibagi menjadi dua tahap pelaksanaan.

"Tahap pertama 5 Juli hingga 14 Juli 2020 dan tahap kedua mulai 20 Juli hingga 29 Juli 2020. Ujian dilaksanakan dua sesi setiap hari sehingga dalam setiap sesi ada 440 peserta yang terbagi di delapan lokasi berbeda," katanya.

Dia menambahkan bahwa delapan lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan ujian antara lain Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Peternakan, Fakultas MIPA, Lab Terpadu dan Jurusan Kedokteran Gigi dan Lab Komputer Fakultas Kedokteran.

Baca juga: Unila prioritaskan peserta tes UTBK dari Provinsi Lampung
Baca juga: UTBK 2020 diikuti 703.875 peserta
Baca juga: Pemkot fasilitasi rapid test gratis peserta UTBK asal Kota Madiun


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar