London (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London mengajak masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan diri menghadapi new normal COVID-19. Mulai 4 Juli 2020, Pemerintah Inggris memberlakukan berbagai pelonggaran lock down, tapi masyarakat harus benar-benar tetap memperhatikan aspek kebersihan dan jaga jarak. 

"Untuk membekali masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris dan Irlandia, KBRI London mengadakan edukasi virtual “Survive the New Normal with Naturopathic” menghadirkan pakar narutopati Inggris asal 
Indonesia,  Debby Jean-Marrie dan bekerja sama dengan Root of Life Inggris," ujar Konselor Kensosbud KBRI London, Hartyo Harkomoyo kepada Antara London, Minggu.

Kuasa Usaha RI di London, Adam M. Tugio mengatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga stamina melalui keseimbangan daya tahan tubuh dan mengelola kesehatan mental untuk dapat bertahan menghadapi new normal.

Baca juga: Ngopi Bareng Virtual cara KBRI London edukasi WNI saat wabah COVID-19

Dikatakannya kesadaran tersebut adalah langkah komplemen terhadap protokol kesehatan COVID-19, yaitu jaga kebersihan dan jaga jarak.

Menurut Debby Jean-Marrie, di era new normal masyarakat perlu membantu pemerintah dan tenaga medis untuk dapat bekerja di level yang optimum. Salah satu tips upaya masyarakat dalam membantu adalah kesadaran terhadap kesehatan diri dan daya tahan tubuh.

Terdapat sejumlah langkah komplemen yang dapat dilakukan masyarakat dalam menghadapi new normal antara lain memprioritaskan untuk tidur 7-10 jam setiap harinya.

Jangan dibiasakan melihat gadget satu jam sebelum tidur, ujarnya menambahkan selain menjaga asupan air yang cukup dengan minum air putih 2-3 liter per hari.

Menjaga kadar makronutrisi dan mikronutrisi wajib setiap hari serta berolah raga secara rutin selama 30 menit. Melakukan latihan pernafasan untuk mengelola tingkat tekanan stress juga diperlukan, ujarnya.

Mengkonsumsi vitamin D yang cukup adalah salah satu sumber imunitas yang penting, apalagi bagi kita yang berasal dari Asia dan tinggal di Eropa yang umumnya tidak banyak mendapatkan sinar matahari.

Di era new normal, penting untuk menjaga tingkat stress dengan mengedepankan pikiran positif dan melakukan latihan pernafasan secara tepat. Lepaskan berbagai hal dan pikiran yang negatif karena hanya akan menumbuhkan racun dan stress. 

Baca juga: KBRI London ingatkan WNI kemungkinan corona gelombang kedua
Baca juga: KBRI perkenalkan "game" lawan COVID-19 bagi anak WNI di Inggris

Baca juga: KBRI London bantu WNI terdampak COVID-19

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020