Warga asal Jakarta terdeteksi positif COVID-19 di Tasikmalaya

id Pemkot Tasikmalaya, walikota, COVID-19

Warga asal Jakarta terdeteksi positif COVID-19 di Tasikmalaya

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman. ANTARA/HO-Pemkot Tasikmalaya

Tasikmalaya (ANTARA) - Seorang pedagang asal Jakarta terdeteksi positif COVID-19 saat menjalani pemeriksaan mandiri tes usap di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga akhirnya harus mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

"Pasien melakukan swab test  COVID-19 secara mandiri ketika hendak pulang ke Jakarta, hasilnya positif, akhirnya dijemput oleh tim kita," kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman kepada wartawan di Tasikmalaya, Senin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat menyatakan, pasien COVID-19 yang baru terkonfirmasi itu bukan warga Tasikmalaya melainkan warga Jakarta Utara yang kebetulan terdeteksinya di Kota Tasikmalaya.

Adanya kasus positif dari luar daerah itu, kata dia, harus menjadi perhatian serius oleh seluruh masyarakat untuk mengantisipasinya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya mulai bersiap menerapkan tatanan normal baru
Baca juga: Polisi lakukan penyekatan kendaraan di Gentong Tasikmalaya


Bahkan, lanjut dia, tim gugus tugas juga sebelumnya menemukan kasus positif dari luar daerah yang saat ini masih mendapatkan penanganan medis di Kota Tasikmalaya.

"Tidak dipulangkan, karena kalau dipulangkan dalam kondisi positif itu sangat riskan, takutnya selama perjalanan justru menularkan ke yang lain," kata Uus.

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat kasus positif COVID-19 sebanyak 51 orang, sebanyak 46 orang telah dinyatakan sembuh, dua orang masih menjalani perawatan, dan tiga orang meninggal dunia.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Tasikmalaya dinyatakan sembuh
Baca juga: Polisi razia pengendara yang tidak pakai masker di Tasikmalaya

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar