Maluku Tenggara tanami kebun desa jaga ketahanan pangan masa pandemi

id Bupati,Malra,Kebun,Ohoi,ketahanan pangan,covid-19,Maluku,corona,Maluku Tenggara

Bupati Maluku Tenggara, Provinsi Maluku M Thaher Hanubun, Kamis (9/7/2020) di Langgar, memimpin penanaman bibit singkong, jagung dan ubi jalar di kebun manunggal Ohoi (Desa) Debut untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19. (FOTO ANTARA/Siprianus Yanyaan)

Langgur, Maluku (ANTARA) - Bupati Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku M Thaher Hanubun pada Kamis memimpin penanaman bibit tanaman pangan di lahan perkebunan manunggal di Ohoi (Desa) Debut, Kecamatan Manyeuw untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini.

 "Perkebunan ini adalah bentuk sinergi Pemkab Maluku Tenggara bersama TNI/Polri dan pihak ohoi untuk tetap menjadi satu sehingga bisa melayani masyarakat ke depan dalam menghadapi pandemi COVID-19." katanya saat memberikan pengarahan dalam kegiatan penanaman itu di Langgur, Ibu Kota Kabupaten Malra, Kamis.

Ia menyatakan perkebunan di Ohoi Debut itu merupakan salah satu lahan yang dipersiapkan Pemkab Malra dalam rangka menjaga ketahanan pangan dalam menghadapi dampak COVID-19 di wilayah tersebut.

Pengolahan lahan perkebunan seluas 2 hektare itu melibatkan unsur pemda, TNI/Polri, serta pemerintah dan warga Ohoi Debut.

Bibit tanaman yang ditanam di antaranya  adalah jagung, ubi jalar, dan ubi kayu (singkong).

Menurut Thaher, Ohoi Debut adalah salah satu proyek percontohan kebun ketahanan pangan di Malra yang diharapkan dapat menjadi contoh bagi ohoi yang lain, sekaligus juga mendorong masyarakat yang mempunyai lahan tidur agar dimanfaatkan.

"Saya mengapresiasi Kapolres Malra bersama jajaran, Dandim 1503 Tual serta jajaran, dan juga kepada masyarakat Ohoi Debut yang telah menyumbangkan lahan tidur untuk di olah menjadi kebun," katanya.

Usai acara penanaman bibit, M Thaher Hanubun secara simbolis menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 103 karung ukuran 5 Kg untuk warga Ohoi Debut.

Sekretaris Desa Ohoi Debut Petter Letsoin mengatakan lahan yang sekarang digunakan untuk perkebunan adalah lahan milik ohoi, bukan milik orang per orang atau kelompok-kelompok tertentu, sehingga dapat dimanfaatkan.

"Adanya perkebunan manunggal di Ohoi Debut, pemerintah ohoi dan masyarakat sangat setuju dan antusias terhadap program yang dilakukan oleh pemda, TNI/Polri dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19," katanya.

Menurut dia ketahanan pangan menjadi hal yang mendesak, dan tim COVID-19 Ohoi Debut juga telah mengimbau kepada masyarakat untuk terus melakukan aktivitas berkebun baik milik orang per orang maupun membantu dan berpartisipasi di kebun manunggal.

Terkait bantuan sosial berupa beras kepada warga, Petter mengapresiasi bantuan tersebut karena dapat membantu warga yang membutuhkan.

Hadir dalam kegiatan penanaman perdana tersebut antara lain Kapolres Malra beserta jajaran, Dandim 1503 Tual bersama jajaran, Bhayangkari Polres Malra, Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1503, Pemerintah Ohoi Debut dan warga.

Baca juga: Satgas COVID-19 Malra semprot perkantoran bupati dengan disinfektan

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Malra amankan dua kapal andon asal Buton

Baca juga: Terdampak COVID-19, wartawan di Pulau Tanimbar dapat bantuan sembako

Baca juga: Bupati lepas 97 jemaah calon haji asal Maluku Tenggara


 

Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar