Jakarta (ANTARA) - Jadwal Asian Beach Games 2020 di Sanya, China terancam diundur menyusul adanya regulasi anyar dari pemerintah yang melarang penyelenggaraan seluruh ajang olahraga internasional di Negeri Tirai Bambu itu hingga akhir tahun ini.

Asian Beach Games edisi ke-6 itu dijadwalkan digelar pada 28 November-6 Desember, tetapi ada kemungkinan ajang itu diundur atau bahkan batal digelar apabila Otoritas Olahraga China tetap memberlakukan regulasi tersebut.

Otoritas Olahraga China menyatakan bahwa satu-satunya event olahraga internasional yang diizinkan digelar di negara tersebut tahun ini hanya uji coba Olimpiade Musim Dingin 2022 Beijing.

Baca juga: Indonesia pilih jadi tuan rumah Asian Beach Games dibandingkan WBG

Namun Komite Olimpiade China (OCA) mengatakan bahwa organisasinya sedang berdiskusi dengan Komite Olimpiade China dan panitia penyelenggara untuk menjadwal ulang ajang olahraga dua tahunan itu.

“Tiga pihak terkait (OCA, Komite Olimpiade China, dan panitia) tengah memantau situasi harian dan bekerja sama mencari tanggal yang tepat jika memang diperlukan,” demikian pernyataan OCA dilansir dari Reuters, Minggu.

“Ketika sudah diputuskan, maka OCA dan Komite Olimpiade China serta panitia di Sanya akan mengumumkan jadwal baru untuk penyelenggaraan Asian Beach Games 2020.”

Regulasi baru China itu tidak hanya mengancam penyelenggaraan Asian Beach Games 2020, tetapi seluruh gelaran ajang olahraga internasional yang dijadwalkan berlangsung tahun ini.

Belakangan, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) juga khawatir beberapa turnamen di China harus dibatalkan jika kebijakan larangan kompetisi olahraga internasional benar-benar diberlakukan.

Setidaknya ada tiga turnamen bulu tangkis yang dijadwalkan digelar di China, yaitu China Open pada 15-20 September, Fuzhou Open pada 3-8 November dan BWF World Tour Finals pada 16-20 Desember.

Baca juga: Kota Sanya jadi tuan rumah Asian Beach Games 2020

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020