Kemarin, Prabowo calon kuat Pilpres 2024 hingga koalisi pilkada

id Kemarin,berita kemarin,politik kemarin,prabowo calon kuat presiden,survei,Pilkada,Koalisi Pilkada,Pilpres 2024

Arsip-Tangkapan layar akun youtube TNI AD saat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memberi hormat kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto ketika berkunjung ke SMA Taruna Nusantara (ANTARA/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik di Tanah Air pada Minggu (12/7) menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada pekan ini, di antaranya:

1. Survei: Prabowo, Ganjar, dan Ridwan Kamil calon kuat Pilpres 2024

Survei yang dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak terhadap perekonomian, melainkan terjadi perubahan signifikan dalam peta elektoral menuju Pemilu 2024.

"Tiga tokoh muncul sebagai kekuatan utama dalam pertarungan memperebutkan posisi calon presiden 2024, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S K dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu

Baca selengkapnya

2. PPP Kepri merapat ke koalisi partai usung Ansar-Marlin

Partai Persatuan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau (PPP Kepri) merapat ke koalisi yang dibangun NasDem-Golkar untuk mengusung Ansar Ahmad-Marlin Agustina sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada pilkada 9 Desember 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Kepri, Syarafudin Aluan, di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan, seluruh pengurus PPP kabupaten dan kota di wilayah itu sepakat mengusung Ansar-Marlin.

"Kami sudah sampaikan kepada DPP PPP untuk mengusung Ansar-Marlin," ujarnya.

Baca selengkapnya

3. Survei: Elektabilitas parpol turun, PSI alami kenaikan

Hasil survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas sejumlah partai politik mengalami penurunan dibandingkan hasil survei sebelumnya, namun elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai NasDem mengalami kenaikan.

"Dibandingkan dengan survei yang dirilis pada Maret 2020 lalu, hampir semua parpol turun elektabilitasnya, kecuali beberapa parpol di antaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI)," kata Direktur Eksekutif Center for Political Communication Studies (CPCS) Tri Okta S K dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

4. Peneliti: Masyarakat lebih cemas tertular COVID-19

Peneliti Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan masyarakat yang merasa cemas tertular COVID-19 setelah diterapkan normal baru (new normal) lebih banyak daripada yang sedikit cemas atau tidak cemas tertular COVID-19 sama sekali.

"Tingkat kecemasan tertular, itu juga masih tertinggi. Kekhawatiran untuk tertular di masa new normal itu masih tinggi," kata Ali, yang juga CEO Alvara Research Center itu, dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

5. Golkar-NasDem usung Ansar-Marlin pada Pilkada Kepri 2020

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar merekomendasikan Ansar Ahmad-Marlin Agustina sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Kepulauan Riau (Kepri) pada Pilkada 2020.

Wakil Ketua Bidang Penggalangan Opini DPD Golkar Kepri, Suyono, di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan Ansar yang didampingi sejumlah pengurus Partai Golkar Kepri, dan Marlin Agustina telah menerima rekomendasi tersebut langsung dari Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Keputusan DPP Partai Golkar tentu sudah matang. Kader Partai Golk ar siap memenangkan Ansar-Marlin," katanya pula.

Baca selengkapnya

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar