Kemarin, vaksin COVID-19 Indonesia hingga jamaah Padang berangkat haji

id humaniora kemarin

Tangkapan layar hoaks jemaah Padang berangkat Haji 2020 (ANTARA/HO/Facebook)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita informatif dan penting bidang humaniora yang masih patut disimak pada pagi ini dalam rangkuman berita ringkas, seperti di antaranya proses pengembangan vaksin COVID-19 buatan anak negeri atau Vaksin Merah Putih hingga cek fakta jamaah asal Padang yang tetap berangkat haji.

1. Vaksin COVID-19 buatan Indonesia 20 persen

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengatakan progres pengembangan vaksin Merah Putih sudah sekitar 20-30 persen. Namun dia menegaskan walaupun baru terlihat sedikit, proses itu merupakan pondasi awal pengembangan vaksin corona baru di Indonesia.

Simak info lebih lanjut di sini.

2. Cek fakta jamaah asal Padang yang tetap berangkat haji 2020

Pesan berantai mengenai keberangkatan calon jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat, menuju Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada 2020, tersebar melalui aplikasi WhatsApp pada Kamis (16/7) dan platform jejaring sosial Facebook sejak awal Juli lalu.

Pesan itu menyebutkan jemaah asal Padang itu telah mendapatkan izin untuk menunaikan ibadah haji pada 2020 oleh Kerajaan Arab Saudi. Alasannya, penguasa Arab Saudi pada masa lalu memiliki keterikatan sejarah dengan Kerajaan Pagaruyung di Sumatra Barat. Namun benarkah demikian?

Simak keterangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat di sini.

3. Kasus positif COVID-19 di Indonesia bertambah 1.574 orang

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia per hari Kamis (16/7) bertambah 1.574 orang. Selain itu, terdapat 1.295 orang yang telah sembuh dari penyakit COVID-19 ini.

Simak penjelasan Jubir Pemerintah mengenai alasan bertambahnya kasus positif di sini.

4. Longsor dan banjir terjang Kota Sorong Papua Barat

Sejumlah daerah di Indonesia mengalami bencana banjir bandang dan longsor secara sekaligus. Setelah pada Senin (13/7) banjir bandang menerjang Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan dan memakan korban hingga 32 jiwa, kini banjir dan longsor menerjang Kota Sorong di Papua Barat.

Baca berita lengkap soal longsor dan banjir di Sorong di sini.

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar