Jakarta (ANTARA) - Aplikasi gim terkemuka Player Unknown Battleground Mobile (PUBGM) mengenalkan sebuah fitur baru bagi pemain di Indonesia berupa pranata berbasis kesehatan yang dapat mengukur lamanya waktu bermain.

Dengan fitur yang dinamai "Healthy Gameplay System" ini, para pemain bisa mendapat peringatan secara langsung untuk beristirahat jika aplikasi mencatat waktu bermain yang berlebihan.

"Kami mengenalkan pranata permainan yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan gim yang seimbang dan bertanggung jawab, termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur," kata Kepala PUBG Mobile eSports Asia Tenggara Gaga Lie dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: PUBG Mobile jadi gacoan esports di tengah pandemi

Sebelum diresmikan di Indonesia, sebelumnya fitur ini sudah diuji coba di India sejak bulan Maret. Selain membantu pemain menjaga kesehatannya, fitur ini juga bisa membantu pemain agar dapat lebih kompetitif dengan berbekal kondisi fisik yang baik.

Berikut adalah tahapan dalam menggunakan fitur "Healthy Gameplay System" di PUBG Mobile:

Pada saat login untuk bermain PUBG Mobile di ponsel pintar, fitur "Healthy Gameplay System" akan muncul dan menanyakan apakah usia calon pemain di bawah 18 tahun. Calon pemain harus menjawab 'ya' atau 'tidak', yang kemudian akan diikuti oleh sebuah catatan mengenai hal bermain gim yang sehat.

Selanjutnya, calon pemain akan diminta untuk membaca catatan tersebut secara rinci dan mengonfirmasi bahwa ia telah mengerti apa yang telah dibacanya. Fitur ini akan bekerja dengan mempertimbangkan usia pemain dan lama permainan yang sudah dilakukan.

Apabila pemain melampau batas waktu bermain dan tidak menghentikan permainan, maka pranata gim akan memberikan pesan pemberitahuan untuk beristirahat. Jika dalam kurun waktu tertentu pemain tidak mengindahkan pesan peringatan, maka secara otomatis pranata gim akan menolak pemain untuk bisa memasuki permainan.

Baca juga: PUBG Mobile rilis update terbaru mulai peta Livik hingga senjata baru
Baca juga: Influencer esports Indonesia berburu dukungan masuk tim Ultimate
Baca juga: 72 pemain Liga 1 duel di Mobile Legends dan PUBG Mobile

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020