Selagi melakukan operasi bersama, pasukan Angkatan Laut AS dan India menggelar latihan kelas atas yang diatur untuk memaksimalkan pelatihan dan interoperabilitas (pertukaran informasi, pengalaman), termasuk pertahanan udara,
New Delhi (ANTARA) - Sejumlah kapal Angkatan Laut India menggelar latihan gabungan dengan pasukan dari kapal induk Amerika Serikat, USS Nimitz, di Samudra Hindia pada Senin (20/7) sebagai tanda peningkatan kerja sama antara kemiliteran antara kedua negara.

Latihan gabungan itu dilakukan saat situasi di Laut China Selatan memanas belakangan ini, khususnya antara China dan negara-negara di kawasan, serta AS --yang telah mengirimkan dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, ke perairan tersebut.

Hubungan India dengan China juga mengalami ketegangan setelah terjadi bentrokan maut di sebuah perbatasan, yang disengketakan kedua negara, pada bulan Juni, sehingga India didorong menjalin kerja sama yang lebih erat dengan AS dan negara-negara sekutunya, termasuk Jepang, untuk menyeimbangkan keamanan di kawasan. 

Laksamana Muda Jim Kirk, komandan grup tempur Kapal Induk Nimitz, menyebut bahwa latihan gabungan dengan Angkatan Laut India itu membantu meningkatkan pertukaran informasi dan pengalaman kedua pasukan.

Latihan itu digelar di dekat kepulauan Andaman dan Nikobar, India, yang berdekatan dengan Selat Malaka. India mempunyai pangkalan militer di kepulauan tersebut.

"Selagi melakukan operasi bersama, pasukan Angkatan Laut AS dan India menggelar latihan kelas atas yang diatur untuk memaksimalkan pelatihan dan interoperabilitas (pertukaran informasi, pengalaman), termasuk pertahanan udara," tulis Angkatan Laut AS dalam keterangannya.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa kelompok tempur Kapal Induk Nimitz dikirimkan ke Samudera Hindia untuk mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Tahun ini, India dijadwalkan menjadi tuan rumah untuk latihan gabungan dengan AS dan Jepang di Teluk Benggala, yang kemungkinan juga akan menyertakan Australia. Sementara China, sebelumnya, menentang latihan militer multilateral semacam itu dilakukan di kawasan.

Sumber: Reuters

Baca juga: 20 tentara India tewas dalam bentrokan dengan China, AS berduka

Baca juga: China mulai tarik pasukan dari perbatasan dengan India

Baca juga: China latihan serang basis maritim di LCS di tengah agresivitas AS


 

Menyaksikan laga para tentara di arena latihan tempur

Penerjemah: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020