Bisakah Anda bayangkan ketika Anda menjadi presiden, mengatakan, 'Itu bukan tanggung jawab saya?'
New York (ANTARA) - Amerika Serikat pada Kamis mencatat total lebih dari 4 juta infeksi COVID-19 sejak kasus pertama didokumentasikan pada Januari, menurut penghitungan Reuters, yang mencerminkan peningkatan pandemi secara nasional.

Amerika Serikat membutuhkan 98 hari untuk mencapai satu juta kasus COVID-19 yang dikonfirmasi tetapi hanya 16 hari untuk meningkat dari 3 juta menjadi 4 juta, menurut penghitungan. Total menunjukkan setidaknya satu dari 82 orang Amerika telah terinfeksi dalam pandemi ini.

Jumlah rata-rata kasus baru sekarang meningkat lebih dari 2.600 per jam secara nasional, tingkat tertinggi di dunia.

Ketika episentrum wabah AS telah menyebar dari New York ke Selatan dan Barat, pejabat federal, negara bagian, dan lokal telah berselisih mengenai cara untuk melonggarkan karantina wilayah yang dikenakan pada orang Amerika dan kegiatan bisnis.

Aturan penggunaan masker di depan umum telah menjadi subjek perpecahan politik yang sengit, karena banyak kalangan konservatif berpendapat bahwa perintah semacam itu melanggar Konstitusi AS.

Presiden AS Donald Trump menolak aturan penggunaan masker dan ia enggan memakai masker.

Namun pekan ini ia berubah pikiran dan mendorong orang Amerika untuk menggunakan masker.

Perdebatan terkait sekolah

Trump mengatakan bahwa negara-negara bagian yang memiliki kasus COVID-19 tinggi dapat menunda pembukaan kembali kegiatan sekolah selama beberapa minggu.

Namun, Trump mendorong pembukaan kembali sekolah di musim gugur.

Sekolah telah menjadi titik pertikaian lainnya. Di Florida, serikat guru negara bagian telah menuntut untuk menghentikan pengajaran di kelas. Florida melaporkan rekor satu hari peningkatan COVID-19 kematian pada hari Kamis yaitu sebanyak 173.

Komisaris kesehatan Florida mengatakan awal bulan ini sekolah harus dibuka kembali, tetapi Gubernur Ron DeSantis, mengatakan bahwa orang tua harus memiliki pilihan untuk menjaga anak-anak mereka di rumah.

Sementara itu, pesaing Trump dalam Pemilu mendatang, Joe Biden, mengecam penanganan pandemi dalam video kampanye yang disiarkan Kamis.

Dalam video tersebut, Biden dan mantan Presiden Barack Obama mengatakan Trump telah gagal untuk mengambil tanggung jawab dalam memecahkan krisis.

"Bisakah Anda bayangkan ketika Anda menjadi presiden, mengatakan, 'Itu bukan tanggung jawab saya?'" Biden bertanya kepada Obama.

"Kata-kata itu seharusnya tidak boleh keluar," jawab Obama.

SUmber: Reuters


Baca juga: AS catat lebih dari 1.000 kematian COVID-19 tiga hari berturut-turut

Baca juga: Ahli AS meminta kaum muda tetap waspada terhadap risiko COVID-19

 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020