Uji swab mandiri, BPOM Jambi uji 312 sampel

id bpom jambi uji 312 sampel uji swab

Kepala BPOM Jambi Antoni Asdi berikan keterangan pers terkait uji swab secara mandiri yang dilaksanakan di laboratorium BPOM Jambi, Jumat (24/7/2020) ANTARA/Muhamad Hanapi

Jambi (ANTARA) - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi sudah melakukan uji swab terhadap 312 sampel sejak bisa dilakukannya tes polymerace chain reaction (PCR) COVID-19 secara mandiri.

“Sudah dua pekan uji swab secara mandiri di Jambi dilaksanakan, tidak ada kendala dalam prosesnya dan sampel untuk uji swab COVID-19 sejauh ini terus diuji,” kata Kepala BPOM Jambi Antoni Asdi di Jambi, Jum’at.

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Tanjabbar uji swab 238 karyawan PetroChina

Jika di rata-rata dalam setiap hari BPOM melakukan uji swab atau tes PCR sebanyak 50 sampel. Uji swab COVID-19 tersebut merupakan sampel yang dikirim oleh kabupaten dan kota melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Dijelaskan Antoni Asdi, mekanisme sampel dari pasien COVID-19 bisa dilakukan uji swab yakni Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengambil sampel atau menerima sampel dari sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Selanjutnya sampel-sampel tersebut dikirim ke BPOM. Di BPOM sampel tersebut akan diekstraksi dan diuji di laboratorium BPOM Jambi.

Baca juga: 14.000 warga Palembang sudah ikuti uji swab

“Hasil uji swab ini akan kita input di all new record secara on line, sehingga hasilnya akan langsung diketahui oleh Gugus Tugas COVID-19 pusat,” kata Antoni Asdi.

Setelah diinput, hasil uji swab tersebut akan diumumkan oleh Gugus Tugas COVID-19 pusat dan akan diumum ke Gugus Tugas COVID-19 provinsi.

Baca juga: Uji sampel mandiri COVID-19 sudah bisa dilakukan BPOM Ambon

Saat ini ada 27 orang petugas untuk uji swab secara mandiri tersebut. Namun dari 27 orang petugas tersebut yang melakukan uji swab COVID-19 di dalam ruangan laboratorium BPOM sebanyak 15 orang. Diantaranya terdiri dari 9 orang petugas dari BPOM, dua orang petugas dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat (FKIK) Universitas Jambi dan empat orang dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jambi.

Sementara itu, terkait pereaksi kimia atau reagent untuk uji swab, dikatakan Antoni Asdi saat ini masih tersedia cukup banyak. Dimana selain pengadaan dari BPOM, juga terdapat bantuan reagent dari Temasek Foundation Singapura melalui Pemerintah Kota Jambi.

Laboratorium BPOM Jambi dapat melakukan uji swab secara mandiri setelah teregistrasi oleh BNNP untuk melaksanakan tes PCR atau uji swab. Dimana BPOM Jambi teregistrasi pada nomor 160.


Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar