London, (ANTARA News) - Tim lima kali juara Liverpool tersingkir dari babak penyisihan grup Liga Champions kendati menang 1-0 di Debrecen, Selasa, sedangkan Fiorentina dan Arsenal maju ke putaran 16 besar.

Penyandang gelar Barcelona tampil mengesankan ketika dengan mengejutkan menang 2-0 atas Inter Milan pada pertandingan paling mendebarkan Selasa malam, setelah mencetak dua gol dalam waktu 26 menit melalui Gerard Pique dan Pedro, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Arsenal maju ke putaran 16 besar untuk musim yang ke-10 berurutan setelah menang 2-0 di kandang atas tamu mereka Standard Liege.

Fiorentina pun melaju setelah mengalahkan tim yang sudah lolos Olympique Lyon 1-0 melalui tendangan penalti pemain dari Peru Juan Vargas dan bergabung dengan Girondins Bordeaux, Manchester United, Chelsea, Porto dan Sevilla pada putaran berikutnya.

Kemenangan klub dari Italia itu sekaligus mengakhiri Liverpool pada penyisihan Grup E.

"Kami tampil amat bagus (dalam beberapa tahun ini) pada laga Liga Champions, sehingga orang berpikir kami harus tampil seperti itu setiap tahun," kata pelatih Liverpool Rafa Benitez kepada wartawan.

Tim Benitez tiba di Hongaria dengan mengetahui peluang mereka sudah kandas dan gol yang diciptakan David Ngog pada menit keempat --yang menyakitkan tim debut Debrecen yang kalah berurutan lima kali-- berakhir cukup menyakitkan pula bagi mereka.

Sementara itu kemenangan Fiorentina membawa mereka naik ke puncak klasemen dengan raihan 12 poin, dua angka di atas Lyon dan Liverpool tiga angka terpaut di bawah. Walaupun poin juara lima kali itu imbang dengan Lyon, tim dari Prancis itu tetap lolos karena unggul rekor "head-to-head".

Mantan striker Barcelona Samuel Eto`o mendapat sambutan hangat ketika tampil lagi di Nou Camp bersama klub barunya Inter tetapi sedikit yang dapat dinikmati dari mereka.

Kendati tim Catalans itu menang hanya dalam tiga dari tujuh laga kandang Liga Champions sebelumnya, mereka tidak terkalahkan dalam enam pertandingan melawan tim Italia itu.

Walaupun tidak diperkuat pemain yang lagi cedera Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic, Barcelona tampil terlalu bagus bagi Inter.

Pique melayangkan bola dari titik pojok pada menit ke-10, sebelum Pedro mengakhiri serangan mengalir mereka sampai lahir gol kedua.

Kemenangan itu membawa Barcelona naik ke puncak klasemen Grup F dengan mengantungi delapan poin, dua angka di atas tim Inter asuhan Jose Mourinho dan tim ururutan ketiga juara Rusia Rubin Kazan, yang ditahan tanpa gol di kandangnya saat menjamu Dynamo Kiev.

Kiev berada di urutan terbawah dengan lima poin. Barcelona akan mengunjungi tim Ukraina itu pada pertandingan akhir bulan sedangkan Inter menjamu Rubin.

"Kami menunjukkan bahwa siapa pun yang masuk ke tim ini akan membawa sesuatu pula," kata pemain Barca Daniel Alves ketika mengomentari penggantian untuk Ibrahimovic dan Messi.

Arsenal tidak menemui banyak masalah untuk memperpanjang rekor tidak terkalahkan dalam laga kandang Liga Champions menjadi 29 kali.

Tim London itu memecah kebekuan angka dalam pertandingan mereka ketika Samir Nasri melakukan tendangan lurus menit ke-35, sebelum pemain dari Brazil Denilson menambahnya lewat tendangan dari jarak sekitar 30 meter pada akhir permainan babak pertama.

Kemenangan itu menjamin Arsenal berada di urutan pertama klasemen Grup H ketika mereka memiliki angka enam poin terpaut dari Olympiakos, yang bermain 0-0 di AZ Alkmaar.

Tim debutan Unirea Urziceni membuka peluang mereka dalam penyisihan Grup G dengan mengalahkan tim yang sudah lolos Sevilla 1-0 setelah Ivica Dragutinovic melakukan gol bunuh diri hanya beberapa saat sebelum turun minum.

Tim Juara Romania itu berada di urutan kedua dengan mengoleksi delapan poin, dua angka di atas VfB Stuttgart yang mengalahkan Rangers 2-0, sehingga tim dari Skotlandia ini kalah untuk ketiga kalinya dalam pertandingan grup mereka.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009