Kemarin, hilirisasi nikel hingga Erick Thohir imbau publik

id kemarin,hilirisasi nikel,erick thohir,menteri bumn

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada peluncuran aplikasi Ferizy di Pelabuhan Merak, Banten. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (25/7) kemarin, mulai dari Hilirisasi nikel jadikan Indonesia pemain utama baterai lithium hingga Erick Thohir imbau masyarakat patuhi protokol kesehatan COVID-19.

1. Luhut: Hilirisasi nikel jadikan Indonesia pemain utama baterai lithium

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hilirisasi nikel yang tengah dilakukan pemerintah bisa menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dunia baterai lithium.

Menurut Luhut dalam acara daring Sore Bersama LBP bertajuk "Investasi Di Tengah Pandemi", Sabtu, Indonesia memiliki cadangan bijih nikel terbesar dan terbaik kualitasnya di dunia.

Simak selengkapnya di sini

2. Asosiasi harapkan pemerintah bantu infrastruktur sistem pembayaran

Wakil Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Rico Usthavia Frans menilai sistem pembayaran harus dilihat sebagai infrastruktur nasional yang juga membutuhkan campur tangan pemerintah dan tidak hanya diserahkan kepada pelaku industri saja.

"Apakah sistem pembayaran nasional ini dianggap sebagai national infrastructure atau tidak. Kita tahu pelabuhan, jalan tol, bandara, itu adalah national infrastructure, artinya pemerintah memang mengalokasikan dana untuk membangun infrastruktur tersebut sedemikian rupa sehingga last miles-nya juga bisa dinikmati oleh pelaku industri," ujar Rico dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, Sabtu.

Simak selengkapnya di sini

3. Erick Thohir katakan digitalisasi ASDP ubah wajah penyeberangan laut

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan digitalisasi yang dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern.

“BUMN selaku penyedia jasa wajib memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat sebagai bagian dari world class service. ASDP salah satunya yang mulai melakukan transformasi, mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern melalui digitalisasi pembelian tiket secara elektronik dengan aplikasi Ferizy,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Simak selengkapnya di sini

4.Kemenparekraf-Australia perkuat kerja sama pariwisata di adaptasi baru

Pemerintah Indonesia melalui Kemenparekraf/Baparekraf memperkuat kerja sama dengan Australia dalam upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Frans Teguh di Jakarta, Sabtu, mengatakan perubahan yang terjadi pascapandemi COVID-19 menuntut upaya lebih dari Indonesia dan Australia untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Simak selengkapnya di sini

5. Erick Thohir: Bila sayang keluarga, patuhi protokol kesehatan COVID-19

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengingatkan kembali masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan ketat kalau mereka masih sayang kepada keluarga.

"Kalau masyarakatnya sayang kepada keluarganya, sayang kepada yang di rumah, sudah seyogyanya yang namanya protokol pencegahan COVID-19 harus diutamakan. Tidak ada lagi istilahnya harus diancam-ancam pakai masker, didenda baru pakai," ujar Erick Thohir dalam peluncuran Aplikasi Ferizy yang disiarkan kanal YouTube Kementerian BUMN RI di Merak, Banten, Sabtu.

Simak selengkapnya di sini

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar