Tim SAR gabungan berhasil menemukan survivor atas nama Agus dalam keadaan selamat
Sumedang (ANTARA) - Tim SAR gabungan menemukan seorang pendaki dalam keadaan selamat setelah sehari tersesat karena terpisah dari rombongan pendaki Gunung Manglayang di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jawa Barat, Deden Ridwansah membenarkan timnya bersama sukarelawan telah menemukan pendaki laki-laki bernama Agus Febrianto (28) warga Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan survivor atas nama Agus dalam keadaan selamat," kata Deden.

Baca juga: Basarnas Bali cari dua pendaki Gunung Agung tersesat

Baca juga: Tim Basarnas selamatkan enam pendaki Manglayang

Ia menuturkan dari laporan di lapangan korban bersama tiga temannya melakukan pendakian ke Gunung Manglayang melalui jalur pendakian Baru Beureum pada Sabtu (25/7) sekitar pukul 05.00 WIB.

Namun di tengah perjalanan sekitar pukul 09.00 WIB, kata Deden, korban terpisah dengan rombongannya di sekitar Pos 4 jalur pendakian, hingga menjelang malam korban tidak ada kabarnya.

Selanjutnya warga melaporkan ke Kantor SAR pada Sabtu (25/7) malam, kemudian petugas menerjunkan tim, berikut peralatan lengkap untuk pencarian di kawasan gunung.

Baca juga: Seorang pendaki ilegal tewas di Gunung Rinjani

"Pukul 21.30 WIB, Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim penolong menuju lokasi kejadian," katanya.

Deden menyampaikan tim gabungan lalu menyusuri jalur pendakian hingga akhirnya menemukan korban di sekitar Curug Ciantani atau sekitar 1,3 km dari lokasi awal korban terpisah dalam keadaan sehat dan selamat.

Baca juga: Seorang pendaki Gunung Lawu ditemukan tewas

Selanjutnya korban oleh petugas dievakuasi ke Pos Pendakian Baru Beureum untuk mendapatkan perawatan sebelum akhirnya diserahkan kepada keluarga korban.

"Pukul 02.00 WIB Tim SAR gabungan dengan survivor tiba di Pos Pendakian Baru Bereum, selanjutnya survivor diserahterimakan kepada keluarga," kata Deden.

Baca juga: Pendaki ditemukan selamat tanpa baju di Gunung Guntur Garut




 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020