para pengolah ikan adalah menjaga kepercayaan konsumen dengan terus menjaga mutu dan meningkatkan inovasi produk
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan hingga sebanyak 500 produk unggulan hasil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perikanan dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI).

"GNBBI merupakan momentum bagi UMKM perikanan untuk bangkit dan tampil di tingkat nasional. Untuk itu diharapkan agar masing-masing daerah menampilkan produk-produk unggulan perikanan khas," kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, sebanyak 500 produk itu merupakan ciri khas dari beberapa daerah seperti ikan lais asap dari Riau, pempek dari Palembang, dan ikan bandeng asap dari Sidoarjo.

Nilanto menilai UMKM merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian bangsa karena merupakan penggerak ekonomi terutama di daerah-daerah di Tanah Air.

Khusus di sektor kelautan dan perikanan, jumlah usaha pengolahan skala usaha mikro dan kecil memiliki proporsi terbesar dengan jumlah UPI sebanyak 62.389 atau 98,46 persen.

"UPI skala menengah besar hanya berjumlah 975 unit atau 1,54 persen," ujar Nilanto.

Ia mengingatkan bahwa saat ini adanya perubahan pola belanja masyarakat seperti, penggunaan aplikasi belanja berbasis internet serta jasa pengiriman barang semakin populer di masyarakat. Hal tersebut perlu dilihat sebagai peluang sehingga para pelaku usaha juga diajak untuk terus bertransformasi dari luring ke dalam sistem daring.

"Yang harus diperhatikan oleh para pengolah ikan adalah menjaga kepercayaan konsumen dengan terus menjaga mutu dan meningkatkan inovasi produk hasil perikanan," pesan Nilanto.

Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Nimmi Zulbainarni mengemukakan bahwa dari sebanyak total 64 juta UMKM di Indonesia, baru sekitar 14,68 persen yang sudah melakukan digitalisasi.

Tak hanya perubahan pola belanja, lanjutnya, pandemi ini juga dinilai menyebabkan perubahan pola konsumsi masyarakat di mana saat ini yang paling diburu adalah bahan pangan dan produk-produk kesehatan.

Baca juga: "Bangga Buatan Indonesia" diharapkan perkuat daya saing produk UMKM
Baca juga: Menperin dorong IKM penuhi kebutuhan produk lokal di pasar daring
Baca juga: KKP minta UMKM pengolahan ikan peduli kemasan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020