Pesantren dan panti asuhan di Jayapura disumbang hewan kurban

id Abepura,PAPUA,polresta jayapura kota,hewan kurban,1441 hijriah

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas menyerahkan seekor sapi kurban Idul Adha 1441 H kepada salah satu pengurus panti asuhan di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (30/7/2020). (FOTO ANTARA /HO-Humas Polresta Jayapura Kota)

Jayapura (ANTARA) - Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas didampingi sejumlah pejabat polres menyalurkan sumbangan dua ekor sapi kepada dua yayasan, yakni pondok pesantren (ponpes) dan panti asuhan di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis, menjelang Idul Adha 1441 H/2020 Masehi.

"Hewan kurban yang kami salurkan sebanyak dua ekor sapi, yakni untuk Pondok Pesantren Darul Ma'Aruf Numbay dan Panti Asuhan Muhammadiyah Abepura," kata Gustav R. Urbinas di Jayapura, Papua, Kamis sore.

Ia menjelaskan, penyaluran hewan kurban itu sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian jajaran Polresta Jayapura Kota kepada masyarakat dalam menyemarakkan Idul Adha yang akan dilaksanakan pada Jumat (31/7) 2020.

"Ini bentuk partisipasi dan kepedulian jajaran Polresta Jayapura Kota pada Idul Adha 1441 H," katanya.

Mantan Kapolres Jayapura itu mengaku sudah tahun ketiga berada di Ibu Kota Provinsi Papua itu untuk merayakan hari besar umat beragama, termasuk membagikan hewan kurban ke sejumlah masjid, di mana tahun 2020 ini sasarannya adalah yayasan atau pesantren dan panti asuhan.

"Bantuan hewan kurban ini bukan saya sendiri melainkan dari seluruh keluarga besar Polresta Jayapura Kota yang kemudian disalurkan kepada saudara-saudara kita yang berada di panti asuhan maupun pondok pesantren, " kata Gustav R Urbinas.

Sementara itu, Ketua Panti Asuhan Muhammadiyah Abepura Dr Arianto Kadir mengatakan menjelang Idul Adha, Kapolresta Jayapura Kota beserta jajaran sedang berbagi dan di panti asuhan yang dipimpinnya juga mendapatkan kesempatan diberikan hewan kurban.

"Atas nama keluarga panti asuhan, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolresta yang pada kesempatan ini bersedia berbagi. Ini suatu bentuk kepedulian bagi kami karena pada situasi pandemi COVID-191 ini kami membayangkan kalau tidak ada yang berkurban," ujarnya.

"Namun Alhamdulillah, Kapolresta bersama jajaran berbagi hewan kurban di panti asuhan ini, dan esok pelaksanaan Idul Adha kami akan melaksanakan shalat yang tentunya dengan protokol kesehatan," katanya.

Setelah menyembelih hewan kurban bantuan Kapolresta itu, selanjutnya akan dibagikan kepada luarga dhuafa dan masyarakat yang kurang mampu.

"Sehingga Insya Allah kurban yang dibagikan ini dapat disalurkan dengan baik, terutama untuk warga yang terdampak COVID-19," katanya.

Dalam penyerahan kurban, tampak hadir Kabag Sumda Kompol Willem Lumi, Kasat Binmas AKP Piter Kendek, Kasubbag Humas AKP Jahja Rumra, KBO Sat Binmas Iptu A Chariri dan Kasie Propam Ipda Firmansyah Arifin.

Baca juga: Untuk shalat Idul Adha, Kota Jayapura siapkan 101 masjid dan lapangan

Baca juga: Paket kurban juga dibagikan kepada warga non-Muslim di Jayapura

Baca juga: Penyembelihan 400 ekor sapi-kambing warnai Idul Adha di Jayapura

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar