Satlantas Polresta Bandarlampung berikan teguran kepada 517 pengendara

id satlantas polresta bandarlampung, operasi patuh krakatau, covid-19,arus balik

Petugas pada Operasi Patuh Krakatau 2020 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Satlantas Polresta Bandarlampung memberikan teguran kepada 517 pengendara baik sepeda motor maupun mobil selama Operasi Patuh Krakatau 2020.

"Untuk operasi patuh kami masih mengedepankan preventif dan persuasif, berupa imbauan dan teguran. Hingga saat ini jumlah teguran jelang 10 hari operasi patuh mencapai 517 baik sepeda motor maupun mobil sedangkan penilangan kosong," kata Kasatlantas Polresta Bandarlampung AKP Rafly Yusuf Nugraha di Bandarlampung, Minggu.

Pihaknya melakukan pengaturan lalu lintas di sejumlah titik kepadatan dan keramaian dalam mengantisipasi puncak arus pemudik yang hendak melakukan perjalanan ke sejumlah objek wisata.

Baca juga: Polisi : Puncak arus balik jalur selatan terjadi hingga tengah malam

Menurut dia, sebanyak 72 personel Satlantas diterjunkan dalam kelancaran lalu lintas termasuk mewaspadai penyebaran COVID- 19, dengan meminta pengendara mematuhi protokol kesehatan.

Ia mengharapkan para pemudik atau pun masyarakat yang menggunakan kendaraan yang akan berwisata atau ke lokasi pusat keramaian untuk tetap patuhi peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan.

Rafly menjelaskan personel diterjunkan juga untuk mengingatkan masyarakat terkait pandemi COVID-19, disamping melancarkan sejumlah arus kendaraan di sejumlah titik yang akan menuju atau kembali dari sejumlah pusat keramaian seperti yang berada di Simpang Sukamaju Jalan RE Martadinata Teluk betung Timur Bandarlampung.

"Personel kami kerahkan dari Polresta Bandarlampung dan polsek-polsek yang berada di sepanjang jalur yang dilintasi, dan memberhentikan kendaraan pengemudi yang tidak menggunakan masker agar menggunakan masker," katanya.

Ia mengatakan personel tersebar di sejumlah titik-titik rawan kemacetan di sepanjang jalur menuju objek wisata maupun ke arah Pelabuhan Bakauheni.

"Petugas tersebut mengatur arus lalu lintas mengantisipasi kemacetan," jelasnya.

Sementara itu, pantauan arus lalu lintas di arah Bandarlampung menuju sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Pesawaran sudah terjadi peningkatan kendaraan yang rata rata bernopol luar Provinsi Lampung, seperti Palembang, Bandung, Jakarta dan Serang Banten, sejak pukul 07.00 WIB.

"Jalur tersebut sudah mulai ramai sejak pagi, dan hari ini diprediksi puncak liburan Idul Adha dan arus balik," tambah Rafly.

Satlantas Polresta Bandarlampung juga sempat membagikan masker dan cairan pembersih tangan serta menerjunkan badut virus corona.

Baca juga: Polisi: Peningkatan arus balik sebab warga manfaatkan momen Idul Adha
Baca juga: Petugas lakukan "contraflow" atasi kepadatan Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar