Warga Jakarta Pusat diajak disinfeksi rumah saat HUT ke-75 RI

id HUT RI, Bayu Meghantara, COVID-19, umbul umbul

Pekerja menjahit bendera merah putih di kiosnya di kawasan Pasar Senen, Jakarta, Selasa (4/8/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat mengajak warganya untuk melakukan disinfeksi rumah untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Kita arahkan dalam situasi COVID-19 ini untuk lebih menjaga kebersihan. Seperti membuat gerakan mendisinfektan rumah atau gerakan memakai masker," kata Bayu saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Bayu mencontohkan salah satu kegiatan disinfeksi area permukiman untuk merayakan HUT ke-75 RI sudah digagas oleh Karang Taruna Johar Baru.
Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dalam rapat pimpinan di Kantor Wali Kota Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

"Saat ini situasi pandemi, jadi sementara, kita arahkan ke kegiatan pencegahan COVID-19. Seperti penyemportan disinfektan, contohnya itu di Johar Baru, teman-teman dari Karang Tarunanya sedang menyiapkan," ujar Bayu.

Baca juga: Kemenkominfo: Meriahkan HUT Ke-75 RI dengan taat protokol kesehatan

Lebih lanjut, Bayu mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengimbau agar lomba-lomba rakyat yang biasanya dilakukan untuk merayakan hari jadi Republik Indonesia ditiadakan terlebih dahulu mengingat kasus COVID-19 masih terus meningkat.

"Ya, jadi lomba-lomba yang biasanya ada, kita tidak sarankan dulu. Kita arahkan ke kegiatan pencegahan COVID-19," ujar Bayu.

Meski demikian, Bayu tidak melarang warga untuk memasang umbul-umbul ataupun hiasan di lingkungannya untuk tetap merasakan momen perayaan hari lahir Indonesia.

"(Umbul-umbul) boleh. Bahkan kita sudah pasang di beberapa titik, termasuk juga kita menghias gedung kantor. Kita sudah sosialisasikan hal itu sebenarnya dari awal Juli (kalau warga diperbolehkan memasang umbul-umbul untuk HUT ke-75 RI)," ujar Bayu.

Baca juga: Hanya ada 8 Pasikbraka saat upacara kemerdekaan di Istana Kepresidenan


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar