Kampanyekan terbang aman, AP II klaim kenaikan penumpang awal Agustus

id Angkasa Pura II,penerbangan,safe travel campaign,normal baru

Seorang petugas di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang-Banten mengenakan pelindung wajah dan masker dalam melayani calon penumpang di era normal baru. (ANTARA/HO-Angkasa Pura II)

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim adanya kenaikan jumlah penumpang pada awal Agustus 2020 didorong oleh kampanye terbang aman (safe travel campaign) yang dinilai mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan dengan pesawat udara.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan kampanye yang digelar di minggu keempat pada Juli 2020 itu mampu memberikan dampak positif yakni meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap angkutan udara.

“‘Safe travel campaign’ yang memastikan protokol kesehatan dijalankan ketat di 19 bandara ini kami umumkan pada akhir Juli, dan kemudian berdampak positif di mana pada awal Agustus jumlah penumpang pesawat mengalami peningkatan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Lebih lanjut, Awaluddin menyebutkan pada 1 – 5 Agustus 2020 jumlah penumpang pesawat di 19 bandara PT Angkasa Pura II tercatat 311.565 penumpang atau melesat 46 persen dibandingkan dengan 1 – 5 Juli 2020 yakni 212.961 penumpang.

Pergerakan pesawat juga meningkat 10 persen atau dari 3.314 pergerakan menjadi 3.629 pergerakan.

“Kami akan menjaga kepercayaan masyarakat ini sehingga 19 bandara PT Angkasa Pura II dapat optimal dalam menjaga konektivitas penerbangan dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional. ” ujarnya.

Awaluddin berharap meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap penerbangan nasional mulai bulan ini diharapkan dapat turut mendorong pertumbuhan sektor transportasi dan pariwisata pada kuartal berikutnya.

Pasalnya, sektor transportasi dan pariwisata mengalami kontraksi terdalam pada Kuartal II 2020.

Presiden Joko Widodo menuturkan pada Kuartal II 2020, wisatawan mancanegara turun 81 persen secara kuartal ke kuartal (q to q) dan 87 persen secara tahun ke taun (year-on-year).

“Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan khususnya di bandara-bandara PT Angkasa Pura II seiring dengan ketatnya protokol kesehatan diharapkan dapat menopang pertumbuhan sektor transportasi,”katanya.

AP II juga mendukung pemerintah dalam melakukan konsolidasi dan transformasi sehingga pondasi sektor pariwisata dan transportasi semakin kokoh.

Baca juga: AP II catat pergerakan penumpang naik 143 persen Juli 2020
Baca juga: AP II kampanyekan perjalanan aman selamat di 19 bandara


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar