Pada masa pandemi COVID-19 ini, pemerintah dituntut tetap memberikan pelayanan publik secara optimal
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau eselon I dan II di lingkungan Kementerian Perdagangan.

“Pelantikan ini untuk mendukung pelaksanaan pencapaian target nasional di lingkungan Kementerian Perdagangan dan salah satu program reformasi birokrasi yang dilakukan untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya yang kosong karena pejabat sebelumnya telah memasuki masa pensiun,” kata Mendag lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat.

Pelantikan tersebut juga merupakan salah satu upaya optimalisasi organisasi dalam memperkuat penyelenggaraan pemerintahan untuk mencapai sasaran strategis Kementerian Perdagangan.

Mendag menjelaskan, pengisian JPT Madya ini telah melalui proses seleksi terbuka. Selain itu, mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama juga merupakan upaya penyegaran organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja kementerian secara menyeluruh.

“Pada masa pandemi COVID-19 ini, pemerintah dituntut tetap memberikan pelayanan publik secara optimal. Meskipun terdapat pengaturan jadwal bekerja di kantor dan di rumah, Kementerian Perdagangan tetap bertekad memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Mendag.

Pelantikan ini terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) sebanyak empat orang dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) sebanyak tiga orang.

Adapun pejabat Eselon I yang dilantik yaitu:

1. Drs. Syailendra, M.M., sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri,

2. Drs. Didi Sumedi, MBA., sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri,

3. Didid Noordiatmoko, Ak., M.M., sebagai Inspektur Jenderal,

4. Prof. Sidharta Utama, S.E., MBA., Ph.d., sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan

Berjangka Komoditi.

Sedangkan pejabat Eselon II yang dilantik yaitu:

1. Ir. Johni Martha, ACCS, MBA., sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri,

2. Luther Palimbong, S.E., M.Si., sebagai Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan,

3. Dra. Merry Maryati, MSc., sebagai Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor.

Dalam sambutannya, Mendag menegaskan agar para pejabat selalu ingat terhadap sumpah yang diucapkan pada saat pelantikan dan bersungguh-sungguh menjalankan pekerjaannya karena jabatan adalah amanat yang diberikan.

Bagi siapa pun yang tidak dapat menunjukkan kinerja yang optimal sesuai amanat dan tanggung jawab yang diberikan, maka akan diambil tindakan yang diperlukan.

“Para pejabat dan seluruh pegawai Kementerian Perdagangan diharapkan dapat menjaga kekompakan, bersinergi, bersikap profesional, dan terus berinovasi dalam menjalankan tugasnya,” kata Mendag.

Baca juga: Mendag ajak Setiap Kamis Selalu Optimis dengan pakai produk Indonesia
Baca juga: Mendag: Konsumen lebih selektif berbelanja saat pandemi


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020