Saat ini BLT itu telah dicairkan dari tahap satu sampai tiga dan pencairan setiap bulan yang dilakukan pemerintah nagari
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA) - Program Dana Desa di Kabupaten Agam, Sumatera Barat sekitar Rp3,06 miliar dialokasikan untuk bantuan langsung tunai (BLT) guna mengantisipasi dampak COVID-19 di daerah itu.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam Wahyu Bestari didampingi Kabid Bina Keuangan dan Kekayaan Nagari, Bustanul Arifin, di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan dana Rp3,06 miliar itu untuk 11.347 kepala keluarga terdampak COVID-19.

"Mereka itu tersebar di 82 nagari di Agam dan mereka mendapatkan BLT berdasarkan usulan dari jorong," katanya.

Ia mengatakan pencairan BLT itu secara bertahap. Tahap pertama sampai ketiga sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga setiap bulan dengan total anggaran Rp2,04 miliar.

Baca juga: 9 kampung di Sangihe sudah salurkan BLT Dana Desa tahap lima

Tahap keempat sampai keenam sebesar Rp300 ribu per kepala keluarga setiap bulan dengan total anggaran Rp1,02 miliar.

"Saat ini BLT itu telah dicairkan dari tahap satu sampai tiga dan pencairan setiap bulan yang dilakukan pemerintah nagari," katanya.

Ia menambahkan penyaluran BLT itu berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendes Nomor 11 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa, serta Peraturan Bupati Nomor 41 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa.

Berdasarkan peraturan menteri itu, tambahnya, nagari atau desa adat yang menerima Dana Desa di bawah Rp800 juta wajib menganggarkan Dana Desa untuk COVID-19 sebesar 25 persen.

Bagi nagari menerima Dana Desa Rp800 sampai Rp1,2 miliar menganggarkan Dana Desa untuk COVID-19 sebesar 30 persen dan di atas Rp1,2 miliar menganggarkan Dana Desa sekitar 35 persen.

"Pada tahun ini Agam menerima Dana Desa sebesar Rp76,03 miliar dan Dana Desa itu telah dicairkan sampai dua tahap," katanya.

Baca juga: 102 desa di NTT belum distribusikan BLT Dana Desa dampak COVID-19
Baca juga: Kemendes PDTT: BLT Dana Desa telah tersalur di 99 persen desa

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020