Fahri Hamzah beberapa bulan lalu diinfokan akan dapat penghargaan

id Fahri Hamzah,Presiden Joko Widodo,Jokowi

Dokumentasi Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah. ANTARA/Boyke Watra

Jakarta (ANTARA) - Mantan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mengatakan dia sudah diberitahukan Sekretariat Jenderal DPR bahwa dia akan menerima penghargaan Bintang Mahaputera Nararya yang akan diberikan Presiden Joko Widodo dalam perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia.

"Bintang jasa yang akan disampaikan pemerintah, saya ingin sampaikan bahwa pemberitahuan sudah disampaikan (Setjen) DPR beberapa bulan lalu," kata dia, kepada para wartawan, di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan pemberian bintang jasa itu merupakan proses kelembagaan dan penghargaan yang diberikan presiden sebagai kepala negara dalam momen proklamasi kemerdekaan RI.

Pemberian bintang kehormatan sebagaimana demikian merupakan suatu tradisi kebangsaan Indonesia. 

Baca juga: Nama-nama penerima penganugerahan gelar tanda kehormatan RI 2019

Menurut dia, Bintang Mahaputera Nararya merupakan penghargaan pada orang-orang yang memiliki jasa tertentu kepada negara. "Saya diberitahukan bahwa pengusulannya karena melengkapi periode saya memimpin kelembagaan negara yaitu DPR," ujarnya.

Ia mengatakan, dia pernah menjadi anggota DPR selama 15 tahun dan beberapa tahun menjadi anggota MPR di masa transisi Presiden BJ Habibie ke Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Baca juga: Pesan dari peraih Bintang Mahaputera untuk pemuda Indonesia

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Polhukam, Mahfud MD, dalam akun Twitter resminya mengatakan Presiden Jokowi akan memberikan tanda jasa kepada beberapa tokoh atas pengabdiannya kepada negara, yang akan diberikan dalam peringatan HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020.

Ada dua tokoh yang menerima penghargaan Bintang Mahaputra Nahrarya yaitu mantan Ketua DPR, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Menurut Mahfud, rakyat mendapatkan manfaat dari perjuangan Fahri dan Fahri.


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar