Informasi oleh anggota PWI memberikan sosialisasi dan edukasi publik untuk sektor transportasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menangkal penyebaran berita bohong atau hoaks yang saat ini marak diakses oleh pengguna media sosial di Indonesia.

Penyebaran berita bohong sangat cepat terlebih karena penggunaan media sosial telah menjadi rutinitas kehidupan masyarakat.

“Di masa pandemi, khususnya media mainstream suatu mitra sangat strategis bagi Kemenhub. Informasi oleh anggota PWI memberikan sosialisasi dan edukasi publik untuk sektor transportasi," kata Budi Karya Sumadi, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya pada Senin (10/8), Menhub berdialog secara virtual dengan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Pemberitaan soal kegiatan transportasi menjadi bahan pembahasan mengingat transportasi dinikmati atau digunakan masyarakat umum. Karenanya kebutuhan menginformasikan tentang kegiatan transportasi itu menjadi penting.

"Kita melihat bahwa proses edukasi ini juga dibutuhkan sekarang," ujar Budi Karya.

Karena itu banyak tugas-tugas harus dilakukan PWI dan Kemenhub untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pada masa adaptasi baru berkaitan dengan COVID-19.

"Presiden berulang-ulang menyampaikan di satu sisi kita tidak pernah meninggalkan atau kita sangat konsen dengan COVID-19 dengan protokol kesehatan," katanya.

Di sisi lain, gaya hidup sehat dan bersih harus tetap dilanjutkan untuk mencegah penyebaran virus corona yang belum mereda.

"Kita harus juga move on dengan kegiatan yang sudah diamanatkan pada tahun anggaran ini," ucap Budi Karya.

Sementara melihat perkembangan konten media sosial saat ini cenderung memanfaatkan untuk tujuan tertentu yang tidak benar. Maka kehadiran media mainstream dinilai sebagai penyeimbang.

"Kami sangat membutuhkan dukungan rekan-rekan PWI, agar media sosial yang punya kecenderungan menyampaikan berita bohong itu dapat dilawan dan kalau bisa dapat ditiadakan," kata Budi Karya.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyambut baik ajakan Kementerian Perhubungan mengatasi maraknya pemberitaan bohong pada media sosial di tengah musibah bencana nonalam ini.

PWI juga bersyukur Menhub Budi Karya Sumadi sudah kembali sehat setelah sebelummya sempat dinyatakan positif COVID-19.

"Sinergi hubungan baik dapat tetap dijaga dengan Kementerian Perhubungan selama ini," ujar Atal S Depari yang pada pertemuan daring itu didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Ketua Bidang IT Auri Jaya dan Wakil Bendahara Umum Dar Edi Yoga.

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020