Gelombang IV tutup malam ini, gelombang V Kartu Prakerja dibuka Sabtu

id kartu prakerja

Dokumentasi - Pendampingan pendaftaran Kartu Prakerja di Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta, 20 April 2020. (ANTARA/Eka AR)

Jakarta (ANTARA) - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang IV akan ditutup pada malam ini (12/8) setelah tercatat lebih dari 1,2 juta orang resmi mendaftar dan gelombang V akan dibuka pada Sabtu (15/8) pekan ini.

"Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengumumkan bahwa pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang IV akan ditutup pada hari ini, Rabu, 12 Agustus 2020, pukul 24.00 WIB," kata Head of Communications Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, sampai saat ini telah tercatat 1,2 juta orang yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Angka itu termasuk dengan para pekerja terdampak COVID-19 yang datanya telah terverifikasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Kuota untuk penerima program Kartu Prakerja dalam gelombang IV adalah 800.000 orang, kata Louisa.

Baca juga: Pemerintah batasi komisi mitra digital bagi lembaga pelatihan Prakerja

Baca juga: PMO: Penjualan dan pemasaran paling laku di Kartu Prakerja


Bagi mereka yang akan menerima Kartu Prakerja dalam gelombang IV, dia mengatakan akan mengirimkan SMS pemberitahuan pada Ahad (16/8).

"Pendaftaran gelombang V akan dibuka pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB," kata pernyataan resmi dari Manajemen Pelaksana.

Manajemen berharap mereka yang belum menjadi penerima dari program tersebut untuk dapat kembali mendaftar dalam gelombang V.

Program Kartu Prakerja adalah program yang diusung Presiden Joko Widodo dengan tujuan meningkatkan kemampuan pekerja Indonesia. Namun, akibat COVID-19 pemerintah melakukan modifikasi agar program itu dapat membantu pekerja terdampak pandemi.

Para penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar RP3.550.000 per orang. Rinciannya adalah Rp1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp600.000 per bulan selama empat bulan untuk insentif setelah pelatihan dan Rp150.000 insentif setelah melakukan survei.*

Baca juga: Pemerintah terima pengajuan mitra baru Kartu Prakerja

Baca juga: Pemerintah buat aturan baru pelatihan program Kartu Prakerja

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar