Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mendukung program subsidi upah yang sedang dicanangkan pemerintah dengan total anggaran mencapai Rp37,7 triliun bagi 15,7 juta orang penerima.

"Saya menilai program tersebut baik dan layak untuk didukung oleh semua pihak," kata Dasco dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menilai program tersebut dalam rangka meningkatkan penyerapan anggaran pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk menggenjot kembali roda perekonomian dan menekan kontraksi ekonomi yang semakin dalam di kuartal III.

Baca juga: Data awal BPJAMSOSTEK jadi dasar penerima program Bantuan Subsidi Upah

Dasco mengingatkan salah satu poin yang harus diperhatikan pemerintah adalah terkait dengan sosialisasi program yang harus dilakukan dengan cepat dan masif kepada para pekerja dan buruh yang berhak menerima.

"Hal itu agar dalam implementasinya nanti dapat dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat dengan baik dan optimal," ujarnya.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan semata, tetapi juga berdampak pada sektor lainnya, terutama sektor perekonomian kita, baik secara nasional maupun global.

Menurut dia, pemerintah dituntut untuk memformulasikan kebijakan-kebijakan strategis yang dapat menekan laju penularan COVID-18 dan disaat bersamaan menggerakan roda ekonomi masyarakat.

Karena itu, dia menilai program subsisi upah yang dicanangkan pemerintah layak untuk didukung untuk menggerakkan ekonomi rakyat.

Baca juga: Menaker harap bantuan subsidi upah bisa dimulai Agustus

Baca juga: Menaker: Gunakan subsidi upah untuk belanja produk dalam negeri


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020