Kita dapat melihat berbagai kekurangan yang masih perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya untuk mewujudkan Indonesia Maju
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pandemi COVID-19 memberikan petunjuk kinerja yang perlu dibenahi demi mencapai kemajuan Indonesia di berbagai bidang.

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat, menyebutkan pandemi COVID-19, telah memberikan ujian kepada capaian kemajuan Indonesia saat ini di berbagai bidang.

"Kita dapat melihat berbagai kekurangan yang masih perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya untuk mewujudkan Indonesia Maju," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca juga: Sidang Tahunan, Ketua DPR tekankan pentingnya arah politik pembangunan

Baca juga: Ketua DPR: Keselamatan rakyat adalah asas tertinggi bernegara


Menurut dia, perlu ada peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh rakyat Indonesia di seluruh wilayah. Kemudian, sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi perlu diperkuat.

Puan mengatakan juga perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan perlindungan sosial. Selanjutnya, regulasi untuk mencegah krisis ekonomi perlu diperkuat.

"Kita juga membutuhkan regulasi yang dapat menyelaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi," kata Puan.

Saat ini, lanjut dia, Indonesia berada dalam era kemajuan zaman yang sangat dinamis dan terbuka secara sosial, budaya, ekonomi dan politik, serta persaingan global yang semakin tajam.

"Sebagai bangsa dan negara, kita semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya, agar dapat menentukan nasib bangsa dan tanah air oleh kedaulatannya sendiri," ucapnya.

Selama 75 Tahun Indonesia Merdeka, Ketua DPR RI itu mengatakan telah banyak capaian kemajuan yang diraih. Kemajuan tersebut berada dalam gerak peradaban zaman, yang selalu berkembang dan menghadirkan tantangan baru.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan Indonesia Maju, Puan mengajak semua elemen harus dapat bergerak cepat seiring dengan cepatnya perkembangan peradaban dunia di berbagai bidang.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2020