Espargaro bawa KTM puncaki FP1 Grand Prix Austria

id pol espargaro,motogp,grand prix austria

Pol Espargaro menjalani tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. ANTARA/HO-KTM Images/Sebas Romero/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pol Espargaro membawa KTM memuncaki sesi latihan bebas pertama (FP1) Grand Prix Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Jumat.

Pebalap asal Spanyol itu memimpin di sepanjang sesi latihan pagi itu dengan catatan waktu terbaiknya satu menit 24,193 detik.

Juara Austria tahun lalu Andrea Dovizioso menempel ketat dengan motor Ducatinya di peringkat dua, terpaut 0,044 detik, diikuti oleh Takaaki Nakagami yang meneruskan tren positifnya bersama LCR HOnda di peringkat tiga, 0,185 detik dari pemuncak sesi, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Grand Prix Austria, momentum KTM di teritori Ducati

Dengan prediksi hujan turun di sepanjang akhir pekan, para pebalap akan sebisa mungkin mencetak waktu tercepat di FP1.

Perhatian tertuju kepada rookie Brad Binder setelah kemenangan perdananya di kelas premier untuk KTM di Brno pekan lalu.

KTM juga menjadi satu-satunya tim yang menjalani tes di Red Bull Ring sejak lockdown, ketika Pol Espargaro dan test rider Dani Pedroda berada di trek itu pada akhir Mei lalu.

Namun Binder hanya mampu finis P16 di FP1 setelah terlihat kesulitan mengendalikan motor KTM RC16 di sirkuit kandang mereka.

Alex Rins, kendati masih memulihkan diri dari cedera bahu, mampu membawa Suzuki ke P4 sedangkan Joan Mir tak kalah cepat dari rekan satu timnya itu di P9.

Franco Morbidelli mendapat suntikan semangat baru setelah meraih podium perdananya di MotoGP ketika finis runner-up di Brno pekan lalu.

Pebalap asal Italia itu menjadi pebalap Yamaha tercepat di FP1 setelah finis P5, 0,359 detik dari Espargaro.

Rekan satu timnya di Petronas Yamaha, Fabio Quartararo masih harus membenahi kecepatannya setelah finis di P10.

Lima pabrikan yang berbeda mengantarkan pebalap mereka ke posisi lima besar di FP1.

Baca juga: Binder yakin kemenangan di Brno awal dari sesuatu yang luar biasa

Dengan bekal pole position dan podium pertamanya musim ini, Johann Zarco menjadi pebalap Ducati kedua tercepat hari itu di P6 mengalahkan Miguel Oliveira dari tim KTM Tech 3, dan pebalap Ducati lainnya, Jack Miller (Pramac Racing).

Sementara itu duet tim Monster Energy Yamaha tampaknya belum menemukan setup motor yang tepat di trek yang selalu dimenangi oleh Ducati itu.

Maverick Vinales cukup frustasi setelah terlempar ke P11 sedangkan Valentino Rossi hanya mampu finis P13. Motor Ducati Danilo Petrucci berada di antara kedua pebalap Yamaha itu.

Sepuluh pebalap tercepat dari tiga sesi latihan bebas pertama akan langsung mendapat tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2, sedangkan sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1 di mana hanya dua pebalap tercepat di sesi ini yang bisa lolos ke sesi terakhir babak kualifikasi.

Test rider Ducati Michele Pirro ditugasi menggantikan Francesco Bagnaia (Pramac Racing) yang cedera lutut.

Marc Marquez juga bakal melewatkan balapan ketiganya setelah cedera tulang humerus dan digantikan sementara oleh test rider Honda Stefan Bradl.

Baca juga: Rossi perlu hasil bagus di kualifikasi untuk peluang podium di Austria

Sepuluh besar catatan waktu FP1
1 P.ESPARGARO 1:24,193
2 A.DOVIZIOSO +0,044
3 J.MIR +0,129
4 T.NAKAGAMI +0,185
5 A.RINS +0,380
6 F.MORBIDELLI +0,395
7 J.ZARCO +0,462
8 M.OLIVEIRA +0,525
9 J.MILLER +0,531
10 F.QUARTARARO +0,560

Baca juga: Portugal gelar seri penutup MotoGP 2020
Baca juga: Quartararo 'tersiksa' balapan di Brno


 

Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar