PB Perpani tetapkan perubahan tim pelatnas panahan Olimpiade Tokyo

id PB Perpani,pelatnas panahan

Dok - Pemanah Indonesia Muhammad Hanif Wijaya (kiri) membidik sasaran dalam babak kualifikasi nomor Recurve Individual Putra Cabang Panahan Asian Games 2018 di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (21/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) menetapkan perubahan tim pelatnas Olimpiade Tokyo sehubungan dengan adanya pencoretan tiga atlet Jawa Timur.

Perubahan tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) nomor 17 Tahun 2020 tanggal 13 Agustus tentang Penetapan Perubahan Susunan Atlet dan Pelatih Pelatnas Olimpiade 2020 yang ditandatangani Ketua Umum PB Perpani Illiza Sa'aduddin Djamal.

Dengan adanya SK baru itu, PB Perpani dalam suratnya memutuskan untuk "mencabut SK PB Perpani Nomor 13 Tahun 2020 tanggal 30 Juni 2020 tentang Atlet dan Pelatih Pelatnas Persiapan Olimpiade 2021," demikian pernyataan dalam surat tersebut.

Baca juga: PB Perpani coret tiga atlet dari pelatnas Olimpiade Tokyo

Ketiga atlet yang dicoret, yaitu Riau Ega Agata Salsabila, Diananda Choirunisa, dan Asiefa Nur Haenza telah digantikan oleh M. Hanif Wijaya, Rezza Octavia, dan Dela Berliana dari hasil seleksi yang dilakukan secara virtual pada 12 Agustus lalu.

"Ini memang langkah yang harus diambil agar organisasi ini sehat dan berjalan baik. Saya rasa masih ada waktu untuk melatih orang yang ingin menang daripada yang merasa sudah menang," kata Illiza, Jumat (14/8).

Sebelumnya, Riau Ega Agata Salsabila, Diananda Choirunisa, dan Asiefa Nur Haenza yang merupakan atlet Jawa Timur telah dicoret dari pelatnas panahan karena dinilai interdisipliner lantaran ingin mendatangkan pelatih sendiri dari Jawa Timur, yakni Denny Trisyanto.

Baca juga: PB Perpani umumkan pengganti Riau Ega dkk 15 Agustus
Baca juga: Riau Ega dan rekannya masih berkesempatan kembali ke pelatnas panahan


Keinginan tersebut mendapat dukungan dari Pengprov dan KONI Jawa Timur. KONI Jatim juga dikatakan bakal mengizinkan atletnya bergabung ke pelatnas dengan syarat pelatihnya harus Denny Trisyanto. Di sisi lain, PB Perpani telah menunjuk tiga orang pelatih lewat seleksi.

Berikut perubahan susunan atlet dan pelatih pelatnas panahan untuk Olimpiade Tokyo:

Divisi recurve putra:
1. Hendra Purnama (DIY)
2. Arief Dw Pangestu (DIY)
3. Muhammad Hanif Wijaya (Jambi)
4. Ryan Rafi Adiputro (Banten)

Divisi recurve putri:
5. Titik Kusumawardani (DIY)
6. Linda Lestari (Kalimantan Tengah)
7. Rezza Oktavia (Papua)
8. Della Berliana Hartanto (Jawa Tengah)

Pelatih:
1. Budi Widayanto
2. Nurfitriyana
3. Permadi Sandra Wibowo

Baca juga: Dinilai menahan atlet, pengprov Jatim terancam sanksi PB Perpani
Baca juga: Dicoret dari pelatnas, Riau Ega pertanyakan keputusan PB Perpani

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar