Sudah terlalu banyak yang gugur karena korban dari COVID-19, ini bukan hanya angka.
Jakarta (ANTARA) - Makna kemerdekaan sedang diuji di tengah pandemi COVID-19, kata penyanyi Sherina Munaf.

Teror tak terlihat berupa virus yang membuat orang-orang tak bisa leluasa beraktivitas ini membuat setiap individu harus lebih bertanggung jawab atas segala aksinya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Untuk menjaga kemerdekaan bangsa, kita kadang harus mengorbankan kebahagian yang harus ditunda dulu karena yang penting adalah keselamatan semuanya," kata Sherina kepada ANTARA melalui pesan suara.

Baca juga: Sherina berencana sibuk di dapur saat 17-an

Baca juga: Film musikal membantu Sherina berimajinasi


Sama seperti para pendahulu yang berkorban untuk memperjuangkan Indonesia bisa merdeka dari para penjajah, perjuangan masyarakat saat ini bisa juga membutuhkan pengorbanan.

Perjuangan yang bisa dilakukan, di antaranya, adalah menahan diri untuk tidak bepergian untuk menekan penyebaran virus corona, khususnya untuk orang yang punya keleluasaan untuk bekerja dari rumah.

"Bagi mereka yang punya privilege di rumah untuk tidak kerja (di luar), kamu punya tanggung jawab lebih besar untuk tidak keluyuran ketika tidak perlu," kata aktris "Petualangan Sherina" dan "Wiro Sableng 212".

Bagi orang-orang yang terpaksa tetap beraktivitas di tengah pandemi, Sherina berpesan untuk tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan lengah, jangan karena kamu kenal dengan orangnya, kamu jadi lebih santai. Tetap anggap kamu punya virusnya dan kamu enggak mau menularkan ke siapa-siapa."

Baca juga: Cerita Sherina pilih gaya hidup vegetarian

Baca juga: Jebolan musikal Petualangan Sherina terjun ke layar lebar


Penyanyi kelahiran 11 Juni 1990 menegaskan, meski virus ini tak terlihat dan tidak menimpa orang sekitar, bukan berarti virus corona tidaklah nyata.

"Sudah terlalu banyak yang gugur karena korban dari COVID-19, ini bukan hanya angka. Mereka punya keluarga, sahabat, impian dan rencana dalam hidup," kata Sherina.

Sherina berharap, Indonesia bisa tetap bertahan menghadapi situasi genting ini.

"Mudah-mudahan semua ini bisa berlalu dan tidak terlalu banyak yang kehilangan dalam proses ini."

Baca juga: Riri Riza ungkap masa depan "Petualangan Sherina 2"

Baca juga: Kata Derby Romero soal sekuel film "Petualangan Sherina"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020