Jakarta (ANTARA) - Penyanyi pop Raisa Andriana tampil membawakan lagu ciptaan Ismail Marzuki, Indonesia Pusaka, dalam rangkaian acara perayaan detik-detik Proklamasi ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Raisa tampil mengenakan kebaya, Senin, dalam video yang ditampilkan seiring dalam acara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti oleh puluhan ribu netizen secara daring.

Video itu sekaligus ditampilkan sebagai apresiasi bagi tenaga medis yang telah berjuang di garis terdepan dalam melawan Covid-19.

Baca juga: Perayaan HUT ke-75 RI tetap hikmat dan cerdas

Raisa menyanyi sekama sekitar 3 menit 27 detik dan mendapatkan apresiasi yang antusias dari netizen yang menyaksikan.

Setelah penampilan Raisa, acara yang diusung berbeda konsep dibandingkan tahun-tahun sebelumnya itu menampilkan penyanyi Lyodra dan Gita Bahana Nusantara (GBN).

GBN tahun ini tampil dari tempatnya masing-masing dari seluruh penjuru nusantara.

Baca juga: Upacara HUT Proklamasi di Papua Barat digelar sederhana

Lyodra menyanyikan lagu ciptaan Gombloh berjudul Merah Putih diiringi musik dari GBN.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Resti Gunawan, dalam wawancara secara virtual mengatakan tahun ini seniman-seniman dan anak-anak muda kreatif menyajikan kemampuannya untuk bangsa Indonesia dari tempatnya masing-masing.

“Seniman melakukan adaptasi untuk tampil secara virtual,” katanya.

Baca juga: Puluhan ribu netizen saksikan tayangan HUT ke-75 RI melalui Youtube
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020