BPK gelar sosialisasi akuntabilitas pengelolaan keuangan negara

id BPK, fun bpk 2020, akuntabilitas, pengelolaan keuangan negara, keuangan negara, wakil ketua bpk, badan pemeriksa keuangan

Dokumentasi - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono mengucapkan sumpah jabatan di gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Kamis (24/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj/am.

Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang nilai akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dan membangun komunikasi yang efektif dengan para pemangku kepentingan, khususnya masyarakat umum dan generasi muda melalui Festival Untuk Negeri Tahun 2020 (FUN BPK 2020).

"BPK selalu berupaya meningkatkan wawasan dan berinteraksi dengan para pemangku kepentingan tidak hanya terhadap entitas yang diperiksa, lembaga perwakilan, pemerintah, lembaga profesi, dan masyarakat umum tetapi juga para penerus negeri ini, yaitu para generasi muda pelajar dan mahasiswa," kata Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BPK perkuat sinergi hasil pemeriksaan dengan Polri serta Kejaksaan

FUN BPK 2020 yang mengangkat tema "Akuntabilitas untuk Semua" atau "Accountability for All" itu digelar sekaligus untuk menyemarakkan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang terdiri dari empat rangkaian kegiatan lomba yang berlangsung Agustus hingga Desember 2020.

Kegiatan tersebut adalah lomba cerdas cermat online yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa dari seluruh Indonesia; kegiatan bibliobattle yaitu lomba menceritakan kembali buku fiksi/non fiksi yang memiliki nilai moral/value (integritas, kejujuran, dan lain-lain); lomba karya video BPK untuk internal pegawai BPK dan pelajar; serta lomba konten medsos bagi pelajar dengan tema "BPK Menurut Kamu".

Pembukaan FUN BPK 2020 yang digelar secara virtual, Selasa, diikuti oleh seluruh pejabat eselon I, eselon II, kepala sekretariat auditorat keuangan negara dan perwakilan BPK, dan peserta lomba cerdas cermat dari seluruh Indonesia.

Setelah dibuka secara resmi, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyisihan lomba cerdas cermat online yang akan mengasah kemampuan dan menguji pengetahuan peserta mengenai sejauh mana pengenalan generasi muda tentang BPK, memahami wawasan kebangsaan serta memantau isu-isu berita yang berkembang saat ini.

"Lomba ini diharapkan menjadi jembatan dalam memperkuat wawasan kebangsaan, menanamkan nilai Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika di kalangan generasi muda, dan yang terpenting lagi adalah memberikan pengetahuan terhadap peran lembaga negara, salah satunya BPK, dalam ketatanegaraan Indonesia serta peran BPK dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan negara," imbuh Agus.

Sebanyak 520 tim telah mendaftar dari masing-masing kelompok peserta, atau lebih kurang sebanyak 1.353 peserta pelajar dan mahasiswa.

Agus menambahkan, BPK terus berkomitmen untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan, terutama generasi muda. Generasi penerus bangsa ini diharapkan menjadi agen BPK dalam mendukung terwujudnya tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Baca juga: BPK libatkan DPD RI awasi distribusi dana penanggulangan COVID-19
Baca juga: BPK terapkan standar audit internasional untuk LKPP 2020

Pewarta : Ade Irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar