PKB buka ruang koalisi di Pilbup Malang 2020

id PKB, Partai Kebangkitan Bangsa,Pilbup Malang,Koalisi Pilbup Malang

PKB buka ruang koalisi di Pilbup Malang 2020

Dokumentasi - Penyerahan Surat Rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada bakal pasangan calon Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono, untuk maju pada Pilkada Kabupaten Malang, Sabtu (15/8/2020). (ANTARA/Pool-Daviq Umar)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyatakan tengah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai yang belum menentukan sikap pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Malang 2020.

Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Ali Ahmad mengatakan bahwa saat ini PKB tengah melakukan komunikasi secara intensif dengan Partai Golkar dan Partai Hanura terkait perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2020.

"Komunikasi dengan partai yang belum menentukan sikap, kami tetap intens. Dengan Partai Golkar, Partai Hanura, tapi itu sebatas komunikasi saja," kata Ali di Kabupaten Malang, Rabu.

Ali menjelaskan, meskipun komunikasi secara intensif dengan dua partai tersebut terus dilakukan oleh DPC PKB Kabupaten Malang, keputusan akhir tetap akan diambil oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

Baca juga: Lima partai politik diprediksi bakal dominasi Pilkada Kabupaten Malang

Menurut Ali, saat ini DPC PKB Kabupaten Malang juga akan fokus untuk bergerak menyapa konstituen dalam waktu dekat, dengan mengerahkan sebanyak 33 Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) PKB yang ada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Langkah tersebut dilakukan usai ditandatanganinya Surat Rekomendasi yang menyatakan bahwa PKB secara resmi mengusung pasangan Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono untuk maju pada Pilbup Malang 2020.

"Kemarin kami belum berani bergerak secara maksimal. Setelah ada rekomendasi, dan diserahkan kepada pasangan Lathifah-Didik, maka kami start. Sebanyak 33 DPAC sudah solid mendukung," kata Ali.

Pada Pilbup Malang 2020, PKB secara resmi mengusung Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono untuk maju. Keputusan untuk mengusung bakal pasangan calon Lathifah, dan Didik tersebut sesuai dengan surat rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.

Baca juga: PDIP Jatim "tancap gas" usai pusat umumkan tiga pasangan di Pilkada

Lathifah merupakan anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Jawa Timur V yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Lathifah memperoleh sebanyak 109.992 suara.

Sementara Didik, dipilih karena memiliki pengalaman cukup panjang di dunia pemerintahan, khususnya di wilayah Kabupaten Malang. Didik juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Malang.

Pada Pilkada 2020 di Kabupaten Malang, bakal pasangan calon lain yang akan bersaing adalah M Sanusi dan Didik Gatot Subroto. Pasangan tersebut diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). M Sanusi merupakan petahana, dan saat ini menjabat sebagai Bupati Malang.

Baca juga: Polres Malang mulai petakan daerah rawan gangguan saat Pilkada 2020


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar