Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal Aceh Fachrul Razi terpilih menjadi Ketua Komite I DPD RI untuk masa sidang periode 2020-2021.

Fachrul terpilih secara aklamasi melalui mekanisme musyawarah dan mufakat yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua II DPD RI Nono Sampono di Gedung B DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: DPD RI minta instansi pemerintah tidak berpikir sektoral

"Alhamdulillah, ini sebagai amanah besar bagi saya untuk menakhodai Komite I DPD RI. Saya berkomitmen melanjutkan masukan-masukan daerah, khususnya terkait anggaran desa, otonomi khusus, sengketa di daerah, hukum, dan pertanahan,” ujar Fachrul yang telah menduduki jabatan Wakil Ketua Komite I DPD RI  selama enam kali itu.

Fachrul mengatakan akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk mengangkat nama baik DPD RI dalam rangka memperjuangkan kepentingan daerah.

Sementara itu, pimpinan rapat Pemilihan Pimpinan Komite I DPD RI Nono Sampono mengatakan Fachrul terpilih karena pengalaman dan penguasaan isu daerah yang dia punya selama menjadi Wakil Ketua Komite I DPD RI.

Baca juga: BPK libatkan DPD RI awasi distribusi dana penanggulangan COVID-19

Fachrul akan didampingi tiga Wakil Ketua, yaitu Djakfar Alkitiri (Sulawesi Utara), Abdul Kholik (Jawa Tengah), dan Fernando Sinaga (Kalimantan Utara) yang juga terpilih melalui musyawarah dan mufakat anggota Komite I DPD RI.

Pimpinan Komite I DPD RI itu dipilih anggota berdasarkan subwilayah masing-masing, yakni anggota wilayah Barat 1, Barat 2 serta Timur 1 dan Timur 2.

Nono menambahkan, rapat pemilihan itu dilaksanakan secara fisik dan virtual oleh seluruh anggota Komite I DPD RI dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga: Presiden Jokowi puji respons cepat DPD tangani persoalan daerah

Wakil Ketua II DPD RI itu berharap para pimpinan Komite I DPD RI dapat terus bekerja secara kolektif dan kolegial, dalam memperjuangkan kerja konstitusional DPD RI dan mengawal kepentingan daerah.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020