Wakapolri minta masyarakat selalu pakai masker cegah COVID-19

id wakapolri,gatot eddy pramono,masker,bansos

Wakapolri minta masyarakat selalu pakai masker cegah COVID-19

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meminta masyarakat agar membiasakan diri untuk menggunakan masker saat beraktivitas guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Komjen Gatot saat memberikan pembekalan kepada jajaran Polri yang akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Saat membagikan sembako, sampaikan kepada masyarakat mengenai 3M. 3M adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Mau ke mana saja, jangan lepaskan masker," kata Komjen Gatot di Lapangan Baharkam Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Wakapolri ditunjuk jadi Wakil Ketua Pelaksana II Komite PCPEN

Upaya pendisiplinan masyarakat tersebut merupakan perwujudan dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Wakapolri juga meminta agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari. "Jadikan (penggunaan) masker sebagai gaya hidup," katanya.

Pihaknya optimistis dengan kesadaran yang tinggi dalam mematuhi 3M, jumlah penularan virus COVID-19 bisa terus ditekan sambil menunggu tersedianya vaksin COVID-19 yang akan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Ketika kita disiplin (mematuhi 3M) dan menjadikan masker sebagai gaya hidup, Insya Allah penyebaran COVID-19 bisa diminimalisir sampai dengan nanti vaksin disuntikkan," katanya.

Baca juga: Wakapolri pimpin penyerahan bansos serentak Polri

Pada Rabu, Polri menggelar kegiatan penyerahan bantuan sosial secara serentak di seluruh Indonesia.

Di Mabes Polri, penyerahan bansos dilakukan secara simbolis oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mewakili Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Penyerahan bansos ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

Bantuan sosial yang diberikan yakni sebanyak 193.683 paket sembako, 1.888.219 kilogram beras, 67.797 set alat pelindung diri (APD), 1.330.502 masker, dan uang tunai sebesar Rp135.500.000.

Baca juga: Wakapolri serahkan 200 ribu sembako untuk warga terdampak pandemi

Penerima bansos adalah masyarakat terdampak langsung pandemi COVID-19 yang meliputi fakir miskin, panti asuhan, panti sosial, dan kelompok rentan lainnya yang sangat membutuhkan bantuan.

Sebelumnya telah dilaksanakan tiga tahap penyerahan bansos Polri kepada masyarakat terdampak pandemi yakni pada 21 April, 15 Mei, dan 26 Juni 2020.

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar