Shin Tae-yong ingin Elkan Baggott ikut TC di Kroasia

id timnas u19,shin taeyong ,elkan baggott,piala asia u19

Shin Tae-yong ingin Elkan Baggott ikut TC di Kroasia

Sejumlah pesepak bola tim nasional Indonesia U-19 berlari saat mengikuti latihan perdana pada masa pandemi COVID-19 di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj/aa.

Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong ingin Elkan Baggott, bek tengah yang bermain di tim muda klub Inggris Ipswich Town, mengikuti pemusatan latihan (TC) di Kroasia.
,
"Saya sudah meminta tolong ke PSSI untuk mengirimkan surat ke klub Elkan agar dia bisa ikut TC di Kroasia," ujar Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Elkan Baggott saat ini berada di Inggris.  Pemain yang beribukan seorang WNI itu sempat menjalani TC di Jakarta bersama timnas U-19 yang rangkaian kegiatannya dimulai sejak 23 Juli 2020.

Namun, karena Ipswich Town mengizinkan Elkan berada di timnas U-19 hanya sampai 8 Agustus 2020, sesuai perjanjian dengan PSSI, pesepak bola berusia 17 tahun itu harus kembali ke klubnya.

Hal itu membuat Elkan tidak memiliki waktu lama menjalani latihan bersama timnas U-19 sebab, meski sudah berkumpul pada 23 Juli 2020, timnas baru berlatih di lapangan pada 7 Agustus 2020 karena harus menunggu hasil tes usap (swab test) COVID-19.

Baca juga: Shin Tae-yong cari dua kiper baru untuk TC timnas U-19

Shin Tae-yong sendiri mengaku tertarik untuk melibatkan Elkan Baggott di TC timnas U-19 karena kemampuannya yang baik dan postur tubuh ideal sebagai seorang bek tengah dengan tinggi lebih dari 190 centimeter.

"Elkan memiliki postur tubuh yang tinggi. Itulah kenapa saya memilih dia," kata Shin.

Timnas U-19 mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Namun, rencananya, mulai akhir Agustus 2020, TC itu akan dilanjutkan di Kroasia.

Kroasia dipilih karena negara tersebut tidak mewajibkan pendatang dari luar negeri untuk menjalani karantina. Selain itu, iklimnya juga dinilai mirip dengan Uzbekistan, tempat digelarnya Piala Asia U-19 2020.

Nantinya, di Kroasia, timnas U-19 dijadwalkan untuk mengikuti turnamen kecil yang diikuti empat negara termasuk Kroasia pada tanggal 2-8 September 2020.

Baca juga: Indra: Ketum PSSI tak pernah sampaikan rencana naturalisasi pemain

TC digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Di turnamen tersebut, Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Uzbekistan, Iran dan Kamboja di Grup A.

Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Kamboja pada Rabu (14/10), lalu melawan Iran pada Sabtu (17/10) dan menantang Uzbekistan pada Selasa (20/10).

Baca juga: Shin Tae-yong tak berencana panggil pemain bukan keturunan Indonesia
Baca juga: PSSI: Kedatangan pemain belia Brazil ke klub tidak terkait timnas

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar