Jakarta (ANTARA) - Usai mendapat kritik mengenai transparansi pengembangan vaksin COVID-19, yang secara tiba-tiba diumumkan telah mengantongi izin regulasi, Rusia mengunggah data dan informasi di laman khusus vaksin miliknya.

Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), yang mengelola pendanaan untuk pengembangan vaksin bernama Sputnik V, serta Institut Gamaleya sebagai pihak yang menjalankan penelitian vaksin menyatakan bahwa mereka saat ini telah mempublikasikan data pendekatan basis penelitian human adenovirus.

"RDIF dan Institut Gamaleya berupaya untuk transparansi maksimal [...] karenanya kami mengunggah semua informasi tentang vaksin adenovirus di sputnikvaccine.com," kata Pemimpin Eksekutif RDIF Kirill Dmitriev di Moskow, Rusia, dalam temu media virtual yang diikuti ANTARA di Jakarta, Kamis((20/8) malam.

Basis penelitian human adenovirus untuk vaksin COVID-19 dipilih Rusia karena disebutnya mempunyai hasil yang paling jelas dan baik terhadap sejumlah penyakit infeksi, misalnya ebola.

Baca juga: Rusia jadi negara pertama yang setujui vaksin COVID-19

Baca juga: Rusia produksi vaksin COVID-19 gelombang pertama


Dmitriev juga menyebut bahwa pendekatan tersebut dalam pengembangan vaksin telah dilakukan mulai tahun 1953, dan Angkatan Darat Amerika Serikat pun menggunakannya sejak 1971 hingga saat ini.

Penjelasan Dmitriev tersebut merupakan respons terhadap sejumlah tanggapan miring atas persetujuan regulasi yang diberikan kepada vaksin Sputnik V.

Izin bagi Sputnik V  dinilai sebagian kalangan terlalu dini serta diragukan karena sebelumnya pihak pengembang vaksin tidak membuka data dan informasi penelitian ke publik.

Salah satu pengkritik keras adalah Amerika Serikat, dengan Menteri Kesehatan Alex Azar menuding Rusia menutup-nutupi informasi terkait riset dan hasil pengujian klinis Sputnik V.

Baca juga: Tanggapi vaksin COVID-19 Rusia, Menkes AS: bukan soal yang tercepat

"Data dari hasil uji coba tahap awal belum dibuka ke publik, sehingga tidak transparan," kata Azar kepada wartawan dalam panggilan konferensi pada 12 Agustus, sehari setelah Rusia mengumumkan pihaknya menjadi negara pertama yang mempunyai vaksin COVID-19 teregistrasi.

Pekan depan, Rusia baru akan menjalankan uji klinis tahap III, sebagai tahap lanjutan untuk mengkaji kemanjuran, imunogenisitas (proses memicu respons imun), dan keamanan vaksin Sputnik V. Uji klinis itu melibatkan sekitar 40.000 orang, dimulai dari wilayah negara itu sendiri.

"Hasil dari tahapan-tahapan uji klinis tersebut semoga dapat dipublikasikan pada bulan Agustus ini di sejumlah majalah medis terkemuka. [...] dan kami berencana menambah konten baru di situs vaksin dengan rincian yang baru pula di waktu mendatang," kata Dmitriev.

Baca juga: Duterte "sangat percaya" pada vaksin corona Rusia, rela ikut uji coba

Baca juga: Vietnam akan beli vaksin COVID-19 Rusia

 

Pertemuan ASEAN-Rusia bahas kerja sama atasi COVID-19

Pewarta: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020