Lanal Banjarmasin bagikan 3.000 masker untuk masyarakat pesisir

id lanal banjarmasin, masker, TNI AL

Lanal Banjarmasin bagikan 3.000 masker untuk masyarakat pesisir

Anggota Lanal Banjarmasin bagikan masker ke masyarakat pesisir sungai. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin membagikan sebanyak 3.000 masker untuk masyarakat pesisir di bantaran sungai Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami sengaja menyasar warga yang tinggal di pesisir sungai untuk diedukasi protokol kesehatan melalui pembagian masker karena mereka belum banyak tersentuh edukasi COVID-19," terang Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Jumat.

Baca juga: Polresta Sidoarjo kenakan pakaian pejuang sembari bagikan masker

Menurut dia, pembagian masker wujud kepedulian pihaknya dalam upaya membantu percepatan penanganan COVID-19 di Kalimantan Selatan khususnya lagi Kota Banjarmasin.

Mengingat ibu kota provinsi tersebut paling tinggi kasus positif COVID-19 dibanding daerah lain di Kalsel. Bahkan dengan angka kematian yang juga relatif tinggi di Indonesia untuk tingkat kota.

Berdasarkan data Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan COVID-19 di Kalimantan Selatan, per tanggal 21 Agustus 2020 kasus terkonfirmasi positif di Banjarmasin berjumlah 2.690 orang, 737 masih dirawat, 1.804 sembuh dan 149 meninggal dunia.
Anggota Lanal Banjarmasin bagikan masker ke masyarakat pesisir sungai. (ANTARA/Firman)


Sandharianto pun meminta anggotanya turut menyosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwali) Banjarmasin Nomor 60 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan COVID-19.

Dimana Perwali tersebut rencananya mulai diberlakukan pekan depan dan masyarakat harus patuh protokol kesehatan jika tak ingin dijatuhi sanksi oleh petugas.

Baca juga: Kasus melonjak, ribuan masker dibagikan gratis di Sleman-Yogyakarta

"Pastikan setiap warga yang beraktivitas di luar rumah menggunakan masker. Mari kita bersama-sama memerangi pandemi ini dengan patuh dan taat protokol pencegahan COVID-19 agar pandemi ini secepatnya dapat diputus," tandas Danlanal.

Adapun pembagian masker dilakukan prajurit Lanal Banjarmasin bersama insan maritim lainnya dengan menyasar lima titik yaitu area sekitar Pelabuhan Trisakti, Dermaga TPI Banjar Raya, Pangkalan Taksi Kelotok Pasir Mas, Dermaga Pasar Sudimampir serta Dermaga Pelabuhan Bawang Martapura Lama.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan masker ke Persatuan Seniman Komedi Indonesia
Baca juga: Warga Manado sambut baik pembagian masker dari Satgas Aman Nusa
Baca juga: Anies bagikan 20 juta masker untuk warga DKI

Pewarta : Firman
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar