Jakarta (ANTARA) - Pol Espargaro memperbaiki catatan waktunya di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Styria untuk menjadi pebalap tercepat dari kedua sesi latihan pada Jumat.

Pebalap tim KTM Factory Racing itu mencatatkan waktu satu menit 23,638 detik, sekitar 0,7 detik lebih cepat dari waktu terbaiknya di FP1.

Catatan waktu itu sekaligus mengungguli torehan terbaik dari dua pebalap Ducati, Jack Miller dan Andrea Dovizioso, yang terpaut 0,2 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Miller tunjukkan Ducati masih yang tercepat di FP1 GP Styria
Baca juga: Ducati menanti enam kemenangan beruntun di Austria


Hanya sepuluh pebalap yang mampu memperbaiki catatan waktunya di FP2.

Sedangkan pebalap yang berada di peringkat 10 besar tercepat dari tiga sesi latihan bebas pertama akan langsung mendapat tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2. Sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1 di mana hanya dua pebalap tercepat di sesi ini yang bisa lolos ke sesi terakhir babak kualifikasi.

Pebalap KTM Tech 3 Miguel Oliveira, yang tampil lebih cepat di FP1, tergeser ke peringkat empat, diikuti oleh Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Pebalap Suzuki lainnya, Alex Rins, memperbaiki catatan waktunya untuk naik dari P15 ke P7 di belakang rekan satu timnya.

Maverick Vinales dan Franco Morbidelli berbagi tempat di P8 dan P9 untuk Yamaha sedangkan juara Grand Prix Republik Ceko Brad Binder (KTM Factory Racing) menempati spot terakhir untuk sementara lolos ke Q2.

Baca juga: Lanjutkan pemulihan, Marquez bakal lewatkan GP Styria
Baca juga: Marc Marquez sukses jalani operasi kedua


Valentino Rossi, sementara itu, hanya mampu finis P13 secara keseluruhan di belakang rookie KTM Tech 3 Iker Lecuona dan Aleix Espargaro dari tim Aprilia.

Pemuncak klasemen pebalap Fabio Quartararo dibuat frustasi dengan performa motor Yamaha hari itu setelah hanya mampu finis P14, dengan selisih 0,7 detik dari catatan waktu Espargaro

Michele Pirro masih ditugasi menggantikan pebalap tim Pramac Racing Francesco Bagnaia yang cedera lutut, sedangkan Stefan Bradl menggantikan Marc Marquez yang masih dalam pemulihan cedera pascaoperasi tulang humerus.

Johann Zarco melewatkan sesi latihan hari itu karena baru saja menjalani operasi tulang skafoid buntut kecelakaan hebat dengan Morbidelli di GP Austria pekan lalu.

Baca juga: Zarco tidak fit untuk sesi latihan GP Styria setelah jalani operasi

Pebalap tim Esponsorama Racing itu bakal mengikuti cek medis selanjutnya untuk mengetahui apakah dirinya fit untuk mengikuti sesi latihan pada Sabtu dan balapan di hari berikutnya.

Grand Prix Styria akhir pekan nanti akan menandai balapan kelas premier ke-900 sejak MotoGP digelar pertama kali 1949 silam.


Sepuluh besar catatan waktu terbaik dari dua sesi latihan bebas GP Styria
1. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 1:23,638
2. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,221
3. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,225
4. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) + 0,260
5. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0,266
6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,269
7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,371
8. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,422
9. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,549
10. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,613

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020