Penumpang Bandara Juanda meningkat 24 persen saat liburan panjang

id Bandara Juanda, Liburan Panjang, penumpang bandara Juanda

Penumpang Bandara Juanda meningkat 24 persen saat liburan panjang

Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (Antara/AP/IS)

Sidoarjo (ANTARA) - Jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur saat liburan HUT ke75 RI meningkat sebanyak 24 persen jika dibandingkan saat liburan Hari Raya Idul Adha beberapa waktu lalu.

General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya Heru Prasetyo di Sidoarjo, Sabtu mengatakan pada periode liburan kali ini tercatat jumlah penumpang dari tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus telah mencapai 86.923 penumpang.

"Sedangkan pada libur Hari Raya Idul Adha 70.141 penumpang terhitung tanggal 28 Juli hingga 2 Agustus," katanya.

Baca juga: Bandara Juanda layani 50.692 penumpang domestik jelang Idul Adha

Sedangkan untuk pergerakan pesawat Bandara Juanda, kata dia, melayani sebanyak 982 penerbangan atau meningkat 21 persen dari periode libur sebelumnya sebanyak 814 penerbangan.

"Jumlah pergerakan penumpang tertinggi per hari pada periode libur kali ini mencapai 17.869 penumpang pada tanggal 15 Agustus dan pergerakan pesawat tertinggi mencapai 180 penerbangan pada tanggal 14 Agustus," ucapnya.

Ia mengatakan, puncak kepadatan keberangkatan dan kedatangan penumpang terjadi pada tanggal 15 Agustus yaitu sebanyak 9.806 penumpang yang berangkat dan 8.063 penumpang yang datang.

Baca juga: Bandara Juanda gagalkan penyelundupan ribuan benih lobster

"Sedangkan untuk pergerakan pesawat yang berangkat cenderung stabil dengan jumlah 86 penerbangan keberangkatan dan puncak pergerakan pesawat yang datang terjadi pada tanggal 14 Agustus sebanyak 85 penerbangan," tuturnya.

Pihak pengelola bandara memperkirakan puncak kedatangan akan terjadi pada Hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020 mengingat bahwa tanggal 21 Agustus menjadi hari libur cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Dengan terus bertambahnya jumlah penumpang kami juga terus memantau implementasi di lapangan terkait protokol kesehatan saat akan terbang atau datang sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa," katanya.

Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar